10 Panduan Traveling Memakai Kendaraan Individu supaya Aman di Perjalanan

10 Panduan Traveling Memakai Kendaraan Individu supaya Aman di Perjalanan

Menjadwalkan sebuah acara traveling harus dipersiapkan mengenai semua yang terkait dengannya. Apa lagi bila kamu merencanakan traveling dengan beberapa orang seperti dengan keluarga atau rekan. Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan, seperti membuat itinerary, menyiapkan beberapa barang yang dibutuhkan, kendaraan, dan lain-lain.

Berkaitan dengan kendaraan, ada dua opsi tipe kendaraan yang bisa kamu pakai, yakni kendaraan umum atau kendaraan individu. Nach, bila kamu pergi berlibur bersama dengan beberapa orang, sebaiknya kamu memakai kendaraan individu. Karenanya memakai kendaraan individu kamu semakin lebih bebas saat lakukan perjalanan.

Namun, bila kamu akan memakai kendaraan individu, kamu harus menyiapkan semua halnya Kenapa? Karena hal itu terkait dengan kenyamanan kamu saat di jalan. Nach, apa yang perlu disiapkan saat sebelum pergi traveling memakai kendaraan individu? Berikut tips-nya!

1. Check Keadaan dan Kelengkapan Kendaraan

Saat sebelum kamu pergi traveling, kamu harus pastikan jika kendaraan yang hendak kamu pakai pada keadaan baik. Periksalah dengan detil mengenai semua sisi mobil, khususnya sisi yang paling penting. Beberapa bagian yang perlu seperti mesin, ban, rem, oli, accu, beberapa lampu dan bagian-bagian yang lain.

Info Source

Kamu harus pastikan jika keadaan kendaraan yanga akan dipakai pada kondisi baik dan siap untuk perjalanan jarak jauh. Bila tidak begitu, hal itu bisa berpengaruh fatal pada perjalananmu. Akan lebih bagus kembali bila bawa kendaraan ke bengkel untuk diservis, hal itu akan lebih pastikan keadaan kendaraan itu.

2. Jaga Kesehatan Terutamanya yang Berkendara

Saat sebelum pergi, jaga keadaan kesehatan kamu. Menjaga skema makan secara teratur dan berolahragalah sekian hari saat sebelum hari keberangkatan. Keadaan kesehatan saat berkendara juga penting untuk jadi perhatian saat sebelum keberangkatan. Karena hal itu benar-benar punya pengaruh pada keselamatan di jalan.

Bagaimana kamu dapat konsentrasi berkendara bila kesehatan kamu pada kondisi kurang sempurna? Maka jaga kesehatan bila kamu akan lakukan traveling dengan kendaraan individu. Bila kesehatan masih tetap buruk, karena itu seharusnya kamu minta seseorang untuk berkendara kendaraan itu.

3. Asuransikan Kendaraan Atau Jiwa

Memperhitungkan hal yang berpeluang terjadi pada perjalanan sebagai hal yang penting. Memang kamu tidak mengharap hal jelek terjadi saat perjalanan berjalan, namun sebaiknya kamu menyiapkan segalanya peluang jelek terjadi. Salah satunyan ialah mengasuransikan jiwa atau kendaraan.

Kenalilah jika selainnya asuransi jiwa, tidak kalah penting mengasuransikan kendaraan, terutamanya bila kamu akan melancong jauh memakai kendaraan individu. Dengan demikian, perjalanan kamu akan berasa semakin nyaman dan tenang karena kamu sudah memperhitungkan segalanya terjelek yang bisa jadi terjadi.

4. Yakinkan Kendaraan dalam Kondisi Komplet dan Bersih

Selainnya keamanan, kenyamanan diperjalanan harus juga kamu lihat saat akan lakukan traveling. Untuk kelengkapan kendaraan, kamu harus pastikan jika kamu sudah mempersiapkan beberapa surat kelengkapan kendaraan yang dibutuhkan seperti STNK dan Surat Ijin Mengendara (SIM).

Disamping itu, pikirkan kenyamanan dengan bersihkan semua sisi kendaraan, bagus untuk interior atau exterior.

5. Bawa Beberapa alat Dasar Perbengkelan

Kamu pasti tidak mengharap hal jelek menerpa kendaraan saat di perjalanan. Tetapi kelihatannya kamu tidak dapat terbebas seutuhnya dari hambatan-hambatan dijalan, karena di jalan banyak ada risiko, entahlah ban kempos atau rintangan yang lain. Untuk menanggapi risiko-resiko seperti ini, kamu harus waspada dengan mempersiapkan kepentingan yang diperlukan.

Salah satunya langkah untuk menanggapinya, kamu harus bawa perlengkapan seperti ban cadangan, obeng, dongkel dan beberapa peralatan dasar yang lain. Dengan demikian, bila persoalan kendaraan tidak begitu kronis, kamu bisa menanganinya sendiri.

6. Yakinkan Bawa Obat-obat Individu

Saat kamu memilih untuk berlibur dalam jarak yang lumayan jauh, kamu harus pastikan bawa beberapa obat umum, seperti obat demam, obat mabok perjalanan, dan sebagainya. Ini untuk menangani beberapa hal yang mempengaruhi kesehatan diperjalanan.

7. Tidak boleh Lupa Bawa Perbekalan yang Cukup

Bukan hanya obat-obat individu, hal yang perlu kamu persiapkan untuk lewat jarak menempuh yang panjang ialah kamu harus mempersiapkan perbekalan seperlunya. Mungkin jalur perjalanan yang kamu lewati sebagai jalur yang jarang-jarang ditemukan penjual minuman dan makanan, hingga kamu susah untuk memperoleh minuman atau makanan.

Sehingga kamu tidak harus ribet untuk cari minuman atau makanan sepanjang perjalanan. Namun perlu kamu ingat jika perbekalan yang kamu membawa harus seperlunya, tidak boleh berlebihan. Optimal dua botol air mineral dan beberapa camilan telah cukup buat jadi perbekalan diperjalanan.

8. Samakan Kemampuan Barang Bawaan dengan Muatan

Untuk kemampuan ini lebih condong pada pemakaian mobil yang memuat banyak penumpang. Nach, saat kamu putuskan traveling beramai-ramai bersama sebagian orang paling dekat, kamu harus menimbang kendaraan yang hendak dikemudikan. Banyaknya orang harus sesuai kemampuan kendaraan.

Yang diartikan sama sesuai adalah tidak melewati dari kemampuan yang dipunyai kendaraan itu. Bila tidak begitu, karena itu pergerakan mobil tidak jalan normal seperti seharusnya. Dan hal itu dapat mengusik kemanan dan kenyamanan. Coba pikirkan, bagaimana rasanya duduk berdesa-desakan sepanjang perjalanan yang panjang, tidak nyaman kan?

9. Pakai Peta atau Program Maps

Saat berlibur ke arah tempat yang baru memakai kendaraan individu karena itu kamu tak perlu kuatir akan tersesat. kamu cukup manfaatkan peta diperjalanan atau memakai program Maps yang dipasang di handphone.

Dengan mempersiapkan maps atau peta perjalanan, karena itu perjalanan kamu tidak tersesat. Sekalinya kamu pernah berkunjung tempat itu, harus tetap mempersiapkannya, untuk mengantisipasi bila kamu lupa jalur.

10. Gantianlah dalam Berkendara Kendaraan

Berikut keuntungan kamu traveling bersama beberapa orang, kamu bisa berganti-gantian dalam berkendara kendaraan. Saat traveling bersama beberapa orang, upayakan dari mereka bisa berkendara kendaraan yang hendak kamu pakai, minimal seseorang cukup dari mereka.

Nach, bila perjalanan yang dilakukan lumayan jauh, kamu bisa berganti-gantian berkendara dalam beberapa saat sekali. Ini untuk mengatisipasi bila kamu berasa lelah, mengantuk atau pusing . Maka, keselamatan dan keamanan selalu terlindungi sepanjang perjalanan.

Semua panduan traveling memakai kedaraan individu yang sudah disebut sebelumnya tidak lain untuk jaga keamanan, keselamatan dan kenyaman diperjalanan . Maka, bila kamu ingin traveling memakai kendaraan individu, yakinkan semua panduan di atas sudah kamu siapkan. Bekasnya, kamu harus waspada dalam berkendara, karena itu perjalanan akan lancar.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !