11 Panduan Membuat Usaha Bersama Rekan yang Sukses dan Lancar

11 Panduan Membuat Usaha Bersama Rekan yang Sukses dan Lancar

Beberapa orang yang cemas dan tidak ingin memulai usaha dengan rekan, argumennya karena takut muncul perselisihan yang bisa mencelakakan jalinan pertemanan. Walau sebenarnya kenyataannya, memulai usaha bersama rekan itu lebih gampang dibanding dengan menjalankan bisnis dengan orang baru.

Mengapa begitu? Karena kamu sudah mengetahui watak rekan yang hendak jadi mitra usaha itu. Yah, tetap, semua bergantung bagaimanakah cara kamu dan rekan saat menjalankan usaha itu. Semua masih tetap ada koridor dan ketentuan masing-masing, bagus untuk persahabatan atau bisnis.

Ke-2 hal itu harus kamu lakukan sama sesuai koridor masing-masing, dan pastikanlah kamu dan temanmu sama-sama memberikan keuntungan dan tidak bikin rugi salah satunya pihak. Supaya kamu tidak cemas dan bisa memulai usaha dengan sukses sama rekan, berikut panduan membentuk bisnis bersama rekan yang sukses dan lancar.

1. Bangun Chemistry Lebih Dalam

Dalam sebuah jalinan persahabatan, pasti sudah ada chemistry antara ia dan kamu. Berikut salah satunya keunggulan memulai usaha bersama rekan, kamu tak perlu kerja keras membuat chemistry dari awal. Kalian telah sama-sama mengenali dan pahami satu dengan lain.

Namun, kalian perlu tetap perdalam chemistry itu. Karena bagaimana juga, kalian akan sama berusaha hadapi semua halangan dalam bisnis. Sehingga kalian harus betul-betul mempunyai chemistry yang paling kuat.

2. Gabungkan Misi dan Visi

Kemungkinan mayoritas kerap meremehkan misi serta visi dalam berbisnis. Walau sebenarnya, bila membuat sebuah usaha yang sudah dilakukan bersama, memerlukan misi serta visi untuk menyesuaikan langkah. Maka saat kamu ingin membentuk bisnis bersama rekan, gabungkan dahulu misi serta visi dalam usaha itu.

Karena ada misi serta visi yang sudah dibikin, bisa jadikan kalian lebih solid dalam bekerja sama. Disamping itu, ada misi serta visi akan menolong dalam ambil keputusan. Jadi saat sebelum mengawali usaha bersama rekan, yakinkan kalian ada pada sebuah misi serta visi yang sama.

3. Bangun Loyalitas Bersama

Penetapan loyalitas terkait dengan usaha apa yang kalian bangun. Seharusnya pilih usaha yang selaras ataukah minimum tidak jauh dari kemampuan yang dipunyai kalian. Jadi bangunlah loyalitas bersama berkaitan usaha yang kalian lakukan. Sesudah loyalitas terjaga, jaga loyalitas itu.

Namun, sekalinya kalian telah membuat loyalitas, tidak boleh terlampau memaksa kehendak diri. Tidak boleh terlampau semangat perjuangkan loyalitas tanpa memerhatikan parner bisnis. Lebih bagus jalan bersama-sama dan sama-sama memberikan semangat dalam perjuangkan loyalitas bersama.

4. Tetapkan Goal dalam Menjalankan bisnis

Tiap memulai usaha apa saja, kalian harus tentukan beberapa goal yang perlu diraih dalam waktu tertentu. Goal ini bisa menjadi pegangan dalam tentukan cara usaha kalian. Dengan tentukan goal yang terang, kalian bisa secara mudah untuk capai sasaran yang sudah ditendangati.

5. Buat Persetujuan Secara Terang

Dalam membentuk bisnis bersama rekan, penting membuat kesepakan yang terang pada awal saat sebelum mengawali. Dalam masalah ini, kalian harus membuat persetujuan bersama. Persetujuan itu hal pekerjaan masing-masing, modal, pembagian pendapatan, dan semua faktor berkaitan dengan usaha itu.

Bila perlu, kalian buat surat kesepakatan sah yang berisi mengenai persetujuan bersama. Dengan begitu, kalian akan terbebas dari beberapa masalah yang peluang dapat terjadi di periode mencatatng. Ini cuman untuk memperhitungkan berlangsungnya hal yang tidak diharapkan nantinya.

6. Membagi-bagi Pekerjaan dalam Bekerja

Berikut kenapa kalian perlu membuat persetujuan pada awal saat sebelum mengawali usaha, karena kalian harus tentukan pekerjaan yang terang untuk tiap-tiap individu. Tentukan pekerjaan ini harus kalian kerjakan selekasnya, supaya pengendalian usaha kalian jalan optimal dan imbang.

Dalam bagi-bagi pekerjaan, kalian harus sesuaikan dengan kemampuan yang dipunyai oleh masing-masing. Dan dengan pembagian pekerjaan ini juga kalian bisa ketahui apa taktik usaha kalian telah belum atau maksimal. Karena disanalah performa masing-masing bisa dilihat.

7. Berlaku Sama-sama Yakin dan Terbuka

Salah satunya kunci khusus dalam memulai usaha bersama rekan adalah sama-sama yakin dan terbuka satu dengan lain. Lenyapnya rasa keyakinan pada rekanan usaha sebagai risiko paling beresiko untuk keberlangsungan bisnis. Karena pada intinya, kerja sama itu berdasarkan kepercayaan.

Karena itu, kalian harus sama-sama terbuka satu dengan lain. Janganlah sampai menutupi suatu hal sampai memunculkan keraguan tidak fundamental antara kalian. Dengan demikian, keyakinan antara kalian akan terbangun, dan akan terbentuk juga keadilan antara ke-2 iris pihak.

8. Singkirkan Rasa Ego Individu

Rasa yakin kurang cukup untuk membentuk bisnis bersama rekan bila memprioritaskan ego masing-masing. Kerja sama di dalam hal apa saja tidak pernah jalan optimal bila masing-masing anggota sama keras kepala. Ditambah lagi kerja sama dalam soal bisnis.

Bila di antara kalian berbeda opini, seharusnya permufakatankan dengan kepala dingin. Jangan sampai memaksa kehendak pribadi. Cari jalan keluar yang terbaik, baik dengan ambil jalan tengah atau menimbang opini siapakah yang lebih logis untuk diambil.

9. Dukung Tinggi Profesionalisme

Pisahkan di antara jalinan persahabatan dengan jalinan menjalankan bisnis memang tidak mudah. Namun, tanpa profesionalisme, usaha yang ditangani bersama rekan tidak jalan maksimal. Pisah di antara bekerja dengan bermain, karena ke-2 nya akan sama-sama mengusik kestabilan masing-masing, bahkan juga dapat memengaruhi kesehatan bisnis.

10. Siap Memikul Risiko Bersama

Apa saja yang terjadi nanti, kalian harus siap memikul risiko bersama. Peluang rugi tentu ada. Karena itu, kalian harus menyiapkan diri dengan semua peluang jelek yang dapat terjadi nantinya. Bila alami rugi, karena itu tanggunglah bersama.

Dan umumnya, seorang rekan tidak tinggalkan kamu saat usaha kalian alami kerugian. Berikut kelebihan pilih rekan sebagai mitra usaha, karena sanggup jadi mitra di semua keadaan. Berbeda hal bila kamu pilih bekerja bersama sama orang baru, peluang ‘meninggalkan saat keadaan yang buruk' akan lebih besar.

11. Kerjakan Penilaian Secara Periodik

Cara yang ini erat berkaitan dengan goal yang sudah kalian tetapkan di awal. Pada tahapan berikut kalian mulai koreksi apa goal yang kalian bidik telah terwujud apa belum. Bila belum juga, cari info apa permasalahan yang mengakibatkan kalian belum capai sasaran.

Kalian perlu menilai semua, baik dari performa, kestabilan keuangan, proses yang lain dan pemasaran. Disamping itu kalian harus juga teratur dalam melakukan penilaian pada usaha supaya masih tetap jalan dengan stabil. Bila memang ada permasalahan, karena itu dapat cepat cepat ditangani dan teridentifikasi.

Maka itu serangkaian panduan membentuk bisnis bersama rekan yang bisa kamu. Nach, kamu dapat ikuti langkah di atas jika memang kamu ingin memulai usaha bersama teman.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !