11 Panduan Mendaki Gunung Yang Harus Dijumpai Untuk Pemula

11 Panduan Mendaki Gunung Yang Harus Dijumpai Untuk Pemula

Gunung sebagai salah satunya tujuan rekreasi yang tersering didatangi dan jadi sasaran favorite untuk beberapa pelancong. Itu karena perlu perjuangan hadapi medan yang cukup melawan untuk datang di pucuk gunung. Mendaki gunung itu membutuhkan penyiapan yang paling matang.

Yang telah terlatih mendaki gunung juga harus tetap menyiapkan semua sesuatunya secara baik, apa lagi untuk pemula yang belum pernah nikmati perjuangan capai pucuk gunung.

Tiap gunung mempunyai jenjang kesusahan medan yang berbeda. Ada yang gampang, sedang, dan cukup sulit dan curam untuk dilewati. Jika Anda belum mempunyai pengalaman mendaki gunung secara baik, seharusnya Anda memutuskan untuk mendaki gunung dengan lajur pendakian gampang atau sedang.

Tidak boleh kadang-kadang Anda berusaha untuk mengalahkan gunung dengan medan yang curam saat Anda belum mempunyai pengalaman yang cukup. Karena, agar bisa mengalahkan gunung yang bermedan curam, diperlukan fisik yang kuat dan pengalaman yang cukup.

Bahkan juga, pendaki yang dirasakan telah kuat dan eksper juga harus tetap waspada saat mendaki gunung dengan lajur pendakian yang terjal. Memang, mendaki gunung memerlukan perjuangan yang lumayan keras agar bisa datang di pucuk.

Tetapi, saat Anda telah tiba pada pucuk gunung, Anda akan disuguhi dengan keelokan pemandangan yang membuat rasa capek Anda lenyap seketika. Oleh karena itu, agar bisa sampai ke pucuk dengan selamat, Anda perlu memerhatikan tios-tips mendaki gunung. Apa tips-nya? Langsung kita ulas

1. Yakinkan Badan Anda Betul-betul Bugar

Kesehatan dan ketahanan badan sebagai elemen yang terpenting untuk seorang saat sebelum memilih untuk melancong, apa lagi melancong ke arah tempat yang memerlukan tenaga extra seperti gunung.

Info Source

Walau keliatannya remeh, tetapi jika badan Anda pada keadaan kurang bugar atau kurang sehat, karenanya benar-benar mencelakakan perjalanan Anda saat akan ke arah pucuk gunung.

Beberapa orang yang pada keadaan tidak bugar, namun tetap memaksa untuk mengalahkan medan pendakian ke pucuk gunung. Pada akhirnya, pendaki itu cuman sampai di tengah-tengah jalan saja, selanjutnya istirahat kembali arah dan sesaat.

Ada pula yang malah justru tidak sadarkan diri dan merepotkan pendaki lain, sampai pada akhirnya pendaki lain memberi bantuan ke orang itu dan tunda pendakian mereka. Tentu saja, Anda tidak mau kan hal itu menerpa diri Anda?

Nach, oleh karena itu Anda harus bisa pastikan jika kondisi badan Anda betul-betul bugar dan siap untuk berpetualang mengalahkan medan yang berbatu untuk capai pucuk gunung. Jangan sampai meremehkan kesehatan Anda cuman untuk aktivitas yang Anda senangi.

Untuk jaga keadaan badan Anda agar masih tetap fit dan bugar, seharusnya Anda makan secara teratur dan teratur konsumsi vitamin untuk Anda yang terlatih konsumsi vitamin. Disamping itu, Sebaiknya anda tidak boleh tidur tengah malam saat sebelum hari penjelajahan Anda ke gunung.

Anda pun perlu teratur olahraga sepanjang beberapa hari saat sebelum hari-H agar keadaan badan Anda kuat dan stamina Anda tidak gampang habis.

2. Tidak boleh Lupa Membawa Air Mineral yang Cukup

Perjalanan ke arah pucuk gunung tidak mudah. Anda benar-benar memerlukan air untuk jaga kestabilan badan Anda. Badan Anda akan memerlukan air. Dan saat mendaki gunung, cairan yang ada pada tubuh Anda semakin lebih cepat terkuras habis.

Oleh karena itu, Anda perlu bawa cadangan air mineral dengan kemampuan 3 ltr untuk menukar cairan yang lenyap dari badan. Anda dapat bawa 2 botol dengan masing-masing botol memiliki 1.5 liter.

3. Membawa Perbekalan Makanan Sama sesuai Dengan Keperluan

Saat mendaki gunung, Anda benar-benar memerlukan perbekalan logistik untuk isi tenaga Anda saat sedang dalam perjalanan. Logistik sebagai hal yang penting jika Anda ingin mendaki gunung.

Anda tidak dapat mendaki gunung tanpa bawa perbekalan berbentuk makanan. Harus, Anda tentu memerlukan konsumsi makanan untuk isi tenaga yang terkuras sepanjang perjalanan. Jangan sampai berpikiran jika dengan bawa mie instant telah cukup buat penuhi keperluan Anda.

Anda bisa bawa mie instant, tetapi Anda harus tetap bawa nasi dan lauk untuk keperluan pokok. Janganlah sampai keperluan primer Anda cuman mie instant saja. Anda bisa juga bawa kopi, gula, dan air panas untuk temani saat istirahat Anda.

4. Bila Anda Capek, Tidak boleh Malu Untuk Ngomong

Bila Anda capek diperjalanan ke arah pucuk gunung, itu wajar. Jangan sampai malu dan berasa berkecil hati jika Anda capek dan kelompok Anda belum lelah. Jika Anda sebagai seorang pendaki pemula, tentu belum mempunyai pengalaman mendaki yang bagus, hingga Anda semakin lebih gampang lelah.

Kelompok Anda pasti pahami jika Anda ngomong ke mereka jika Anda lelah. Anda jangan sampai menyepelekan hal ini. Karena jika Anda capek, badan Anda akan kurang optimal saat perjalanan selanjutnya.

Jika Anda memaksa diri untuk selalu meluncurtkan perjalanan, karena itu bukanlah hal yang mustahil Anda akan tidak sadarkan diri di perjalanan. Jika sudah demikian, malah Anda semakin lebih merepotkan kelompok Anda.

Pokoknya, saat Anda sedang mendaki gunung, jangan sampai memprioritaskan gengsi atau merasa tidak enak. Waktu itu, yang paling penting ialah keselamatan dan kesehatan A kelompok dan nda. Karena, untuk sampai ke arah khusus yakni pucuk gunung, benar-benar dibutuhkan badan yang fit.

5. Tidak boleh Lupa Mendaftarkan

Kemungkinan, beberapa pendaki memandang sepele hal itu. Tetapi, ini benar-benar berguna untuk semua pendaki, terhitung Anda. Sebaiknya Anda daftarkan diri saat sebelum mendaki gunung.

Faksi pendakian gunung akan sediakan form registrasi untuk pendaki. Tetapi, jika ada form registrasi, tidak ada kelirunya Anda mendaftar. Registrasinya pun tidak memerlukan saat yang lama.

Saat Anda mendaftarkan, karena itu data diri Anda telah tercantum. Jika di tanggal yang telah dicatat Anda belum turun, karena itu team penelusuran akan telusuri gunung untuk cari Anda. Mereka akan usaha untuk mendapati Anda.

Tentu saja, itu benar-benar berguna untuk Anda. Beberapa gunung yang mewajibkan pendakinya untuk mendaftarkan ialah Gunung Semeru, Gunung Kerinci, dan lain-lain.

6. Tidak boleh Lupa Dalami Lajur Gunung yang Akan Didaki

Saat sebelum berpetualang mendaki gunung, sebaiknya jika Anda pelajari lokasi yang hendak didaki. Itu karena setiap lajur pendakian gunung mempunyai medan yang berbeda. Anda harus memahami lokasi pendakian yang hendak Anda lewati. Dengan demikian, Anda akan mempunyai penyiapan yang lebih pas pada medan yang hendak Anda hadapi.

7. Beritahukan Orang yang Anda Yakin

Panduan mendaki gunung yang ke-7 dengan memberitahukan orang paling dekat Anda. Saat Anda memilih untuk mendaki gunung, Sebaiknya anda memberitahu dan minta ijin ke beberapa orang paling dekat Anda, seperti orangtua, teman dekat, atau pacar. Dengan demikian, mereka mengetahui keadaan dan kondisi Anda.

Anda harus juga seringkali memberikan berita ke mereka agar mereka tidak cemas. Disamping itu, lokasi Anda juga semakin lebih terlihat oleh mereka. Hingga jika ada apa-apa dengan Anda, Anda semakin lebih gampang diketemukan.

8. Pakai Alas Kaki yang Pas Dengan Media Perjalanan

Untuk Anda yang ingin mendaki gunung, Anda harus bisa sesuaikan di antara alas kaki yang hendak Anda pakai secara media yang hendak Anda hadapi. Janganlah sampai Anda memakai high heels untuk mendaki gunung.

Benar-benar beresiko untuk Anda bila mendaki gunung dan hadapi medan yang berbatu dengan memakai high heels. Bisa jadi, Anda terpeleset dan alami cedera karena ketidaksamaan di antara alas kaki Anda dengan media perjalanan ke arah pucuk gunung.

Sebaiknya Anda memakai sepatu saat akan mendaki gunung dan tidak boleh memakai sandal. Itu karena, medan yang hendak Anda lewati cukup kasar hingga bisa membuat kaki Anda sakit meskipun Anda memakai sandal.

9. Membawa Baju yang Tebal Untuk Menghangatkan Badan

Point ini harus untuk semua pendaki yang ingin mendaki gunung. Suhu di pucuk gunung atau di perjalanan mendaki gunung sangat dingin. Anda benar-benar memerlukan baju tebal atau jaket yang berperan untuk membikin badan Anda masih tetap hangat dan terbebas dari dingin.

Kemungkinan, saat belum pergi Anda berasa temperaturnya panas. Tetapi, saat telah di perjalanan, Anda pasti rasakan temperatur yang lebih dingin. Tidak boleh lupakan untuk bawa jaket. Banyak loh beberapa pendaki yang tidak bawa jaket, selanjutnya mereka tidak kuat meredam temperatur yang dingin di perjalanan.

Ada pula beberapa pendaki yang tidak bawa jaket dan masih tetap ngotot ke arah pucuk, tetapi hal itu benar-benar bisingo. Meskipun Anda berasa di bawah benar-benar panas, tetapi tidak ada kelirunya Anda bawa baju hangat untuk dipakai saat Anda perlu untuk menghangatkan tubuh.

10. Tidak boleh Lupa Membawa Beberapa obat

Panduan mendaki gunung yang ini ternyata sering dilalaikan oleh beberapa pendaki. Tidak tutup peluang saat sedang di perjalanan mendaki gunung, ada yang sakit atau cedera. Nach, untuk itu Anda perlu bawa beberapa obat sebagai bantuan pertama.

Jangan sampai menyepelekan ini dan memandang jika Anda akan aman saja. Dengan bawa obat seperti P3K dan obat individu, sama juga Anda telah beberapa langkah dalam menyiapkan diri.

11. Seharusnya Anda Melapor di Tiap Pos Pendakian

Saat mendaki gunung, tentunya Anda akan mendekati beberapa pos pendakian di perjalanan. Pos itu berperan untuk istirahat jika Anda atau kelompok Anda alami kelelahan. Disamping itu, umumnya di pos itu, Anda disuruh untuk memberikan laporan jika Anda telah tiba di pos itu.

Maksudnya ialah, jika Anda lenyap dan tidak juga diketemukan, team pencari semakin lebih gampang untuk mencari tapak jejak Anda karena mempunyai data di mana lokasi paling akhir Anda. Pada pos berikut, team petugas umumnya memberitahukan beberapa orang paling dekat Anda jika Anda telah tiba di titik pos itu.

Dengan demikian, rasa cemas pada beberapa orang paling dekat Anda dapat sedikit berkurang. Karena benar-benar tidak nyaman saat kita cemas dengan seorang yang tidak memberi berita ke kita.

Nach, itu 11 panduan mendaki gunung yang penting Anda coba agar penjelajahan Anda jadi lebih nyaman dan aman. Mendaki gunung itu memerlukan penyiapan yang betul-betul matang. Disamping itu, Anda pun perlu fisik yang stamina dan kuat yang banyak agar bisa mengalahkan gunung itu.

Jangan sampai memaksa diri atau ikutan naik gunung jika fisik Anda dirasakan kurang sanggup. Mudah-mudahan panduan mendaki gunung itu dapat berguna untuk Anda.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !