7 Argumen Mengapa Kita Harus Selalu Mengucapkan syukur Dalam Keadaan Apa saja

7 Argumen Mengapa Kita Harus Selalu Mengucapkan syukur Dalam Keadaan Apa saja

Apa Kamu punyai karakter yang gampang berputus harapan, gampang jatuh dan sulit untuk kembali bangkit, atau kamu berasa banyak memiliki kekurangan dan kekurangan? Bila rupanya iya. apa kalian telah mengucapkan syukur ini hari? Mengapa? Apa faedah mengucapkan syukur itu? Berikut Argumen mengapa kita tetap harus bersyukur. Baca Keteranganya

Mengucapkan syukur ialah satu wujud ketaqwaan dan keimanan seorang atas pemberian Tuhan dengan terima apa yang sudah diberikanNya secara ikhlas. Memang mengucapkan syukur itu tidak mudah. Apa lagi kadang kita lupa untuk mengucapkan syukur, baik itu pada kondisi sulit, suka, berbahagia, lega, yang lain beberapaya dan bersedih. Ini karena mungkin kita selalu repot dengan masalah dunia dan condong memperbandingkan diri kita dengan orang lain.

Apa saja keadaan kita saat ini. dengan mengucapkan syukur membuat hati kita jadi tenteram dan tenang. Benar-benar banyak anugerah dan nikmat yang sekarang ini kita rasakan. Dimulai dari bernafas. kesehatan, makanan, lain-lain, dan harta. Pertanyaannya, darimanakah anugerah itu berasal? dari Tuhan semesta alam.

Terkadang ada pertanyaan yang menggelitik. Saat memperoleh masalah yang dirasakan sangat berat, apa kita harus mengucapkan syukur? Jawabnya iya. Mengapa?

Coba mengambil segi positifnya, yakinlah masalah yang sekarang ini kita alami itu mengisyaratkan Allah SWT sedang ingat kita dan ingin mengetes keimanan kita. Tidak berarti Allah SWT tidak mengasihi kita. malah sebaliknya. Ia benar-benar perhatian sama kita.

Bila kita sanggup melalui ujian itu, itu pertanda derajat kita akan ditinggikan. Semestinya kita mengucapkan syukur, karena dari beberapa manusia dari muka bumi ini, Allah SWT masih mengingatmu. Kamu ialah manusia opsiNya, maka janganlah pernah menyebalkanNya dengan berputus asa.

Nach berikut argumen mengapa kita selalu harus mengucapkan syukur pada keadaan apapun.

1. Nikmat Allah yang Tidak Terhingga

Kenapa semua manusia diwajibkan selalu untuk mengucapkan syukur? Argumen yang paling penting ialah karena nikmat Allah tak pernah terhitung banyaknya dan tidak pernah putus masanya.

Info Source

Nikmat yang diberi Allah tidak cuma berbentuk materi seperti uang dan kekayaan yang berlimpah saja, tetapi semuanya yang kita punyai dan rasakan sekarang ini termasuk juga nikmat dari Allah SWT.

Misalnya air. Coba pikirkan jika bumi ini tidak ada air benar-benar, apa kita masih bisa hidup? Coba pikirkan jika bernafas saja kita harus bayar dan tidak gratis, apa kita sanggup melunasinya? Saya pikir, sekaya apa saja orangnya, ia tidak sanggup membayarnya.

Sama dengan firman Allah SWT, di Al-Quran, surat Ar-Rahman, yang maknanya, Nikmat Tuhan mana yang kau dustakan?

2. Menyaksikan ke bawah untuk masalah duniawi

Dengan menyaksikan ke bawah, kita akan ketahui jika kita lebih untung dibanding juta-an manusia dari muka bumi ini.

Banyak saudara kita yang tidak bisa makan, tidak mempunyai rumah, terserang penyakit kronis, hidup di wilayah perselisihan, atau alami bencana musibah alam. Bila dibanding sama mereka, tidakkah apa yang telah ada dalam diri kita lebih baik? Maka tidak ada argumen untuk kita tidak untuk mengucapkan syukur kan?

3. Sukuri kepuasan yang telah diberi,

Tidak boleh cuman berkeluh kesah mengenai kesengsaraan yang barusan datang. Karena bila kita bandingkan dengan kepuasan yang telah diberi, sebenarnya itu lebih besar melewati kesengsaraan yang sekarang ini kita rasakan. Karena minimnya mengucapkan syukur sebagai cacat yang perlu dibersihkan. Sebab bisa saja, masalah tiba ke kita karena minimnya kita untuk bersyukur.

4. Ada Keluasan di Balik Rasa Sukur

Pernah berasa benar-benar bersedih? Patah semangat karena beberapa hal yang kamu mimpikan tidak jalan dengan lancar. Saat tersuruk semacam ini, mengucapkan syukur ialah langkah yang paling disarankan dalam Islam. Seperti kemampuan senyuman saat kita cedera, mengucapkan syukur membuat hati kita lebih lega dan semakin kuat jalani beberapa hari selanjutnya.

Coba selalu mengucapkan Alhamdulillah untuk mensyukuri apa saja yang kamu punyai. Lihatlah permasalahan dengan kacamata yang positif untuk dapat memperoleh apa yang dapat kamu sukuri. Hayati dan pikirkan, kamu akan berasa ada kelegaan tertentu bahkan juga saat kamu sedang berasa bersedih.

5. Janji Allah Mengenai Beberapa orang Mengucapkan syukur

Dengan mengucapkan syukur Allah SWT akan selalu menambah nikmat yang diberi, tetapi jika kita memungkiri nikmat yang Allah beri, karena itu sebenarnya hukuman Allah itu benar-benar pedih.

Sebenarnya barang siapakah yang mengucapkan syukur, maka Kutambah nikmatmu, dan barang siapakah yang memungkirinya, karena itu sebenarnya adzab-Ku benar-benar pedih.(Q.S. Ibrahim : 7)

Salah satunya langkah untuk mengucapkan syukur dengan sedekah atau share apa yang telah kita punyai untuk orang yang lain memerlukan, seperti bersedekah harta atau ilmu. Karena sebenarnya, share tidak membuat seorang kekurangan. Kebalikannya, dengan share, semua nikmat malah akan dipertambah Allah SWT.

6. Terbebas dari Keserakahan

Argumen lain kenapa kita harus mengucapkan syukur ialah karena manusia tidak akan stop untuk mengharap dan mengharap. Karenanya, untuk jaga supaya kita tidak jadi orang yang serakah, mengucapkan syukur akan membuat kita lebih jaga, mengasihi, dan menyukai apa yang telah kita punyai.

Misalkan, saat beberapa orang di sekitar kita berlomba jadi yang ter-update dengan selalu beli handphone terkini, dan kita belum mempunyai rejeki untuk ikutan, apa yang perlu kita kerjakan?

Dibanding kebingungan cari langkah supaya bisa lakukan hal sama yang bahkan juga dapat memunculkan rasa iri dan dengki, tidakkah lebih bagus kita mensyukuri apa yang telah kita punyai sekarang ini? Saat lagi handphone kita bisa berperan dan masih pantas dipakai, mengapa memaksa untuk beli yang baru? Arahmu itu untuk ekspos atau apa? Syukurlah!

7. Mengucapkan syukur Membuat Hidup Berbahagia

Kunci hidup berbahagia satu diantaranya dengan bersyukur. Mensyukuri apa yang telah diberi Allah akan membuat hidup kita terbebas dari rasa iri, riya, dan karakter-sifat jelek lainnya.

Kita tak perlu pusing dengan opini seseorang, karena yang paling penting ialah kita dapat selalu bersyukur. Kita tak perlu dilanda keputusasaan bila beberapa hal yang tidak jalan sama sesuai keinginan, karena mengucapkan syukur membuat kita lapang. Dengan demikian, hidup semakin lebih berbahagia dan tenang.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !