18 Panduan Berbelanja Saat Berlibur supaya Kantong Tidak Bobol

18 Panduan Berbelanja Saat Berlibur supaya Kantong Tidak Bobol

Saat rekan-rekan atau keluarga kamu ketahui jika kamu akan pergi liburan, umumnya mereka selalu memberi pesan Janganlah lupa oleh-olehnya ya! .Disamping itu, kamu sendiri kemungkinan type orang yang menyukai berbelanja. Berlibur memang membahagiakan, tetapi jika membuat kantong kamu bobol, untuk apa?

Yang ada habis berlibur, bukan memperoleh kesenangan, tetapi stress karena pikirkan ongkos hidup selanjutnya. Memang permasalahan beli oleh-olehan atau belanjaan lain saat traveling ialah hak masing-masing traveler. Tetapi seharusnya kamu bisa mengatur dana berbelanja saat berlibur supaya tidak over bujet.

Karena sangat bagusnya ingin memberi oleh-olehan pada semua keluarga dan rekan-rekan, terkadang dapat membuat kamu kelewatan mengggunakan kartu credit, kartu debet, atau pos-pos keuangan lainnya. Nach untuk meminimalkan kamu berpoya-poya, berikut panduan berbelanja saat berlibur supaya kantong kamu tidak bobol sepulangnya liburan.

1. Yakinkan Tujuan Berlibur

Tentunya kamu ketahui, kamu akan pergi liburan ke mana, tetapi kemungkinan kamu belum memahami beberapa daerah mana yang bisa menjadi sasaran lawatan berlibur kamu. Jika kamu memakai travel guide (pemandu wisata), kemungkinan kamu tak perlu pikirkan hal itu. Karena umumnya mereka membikinkan formasi perjalanan atau itinerary.

Info Source

Tetapi saat kamu tidak memakai pemandu rekreasi atau jadi backpacker, seharusnya siapkan hal itu saat sebelum berangkat. kamu dapat browsing di internet, contoh-contoh itinerary, selanjutnya kamu bikin ringkasannya dari contoh-contoh itinerary dangan gabungan khayalan.

2. Kerjakan Penelitian

Penelitian ini perlu dilaksanakan supaya kamu ketahui barang, aksesori, atau makanan ciri khas dari tiap arah traveling yang telah kamu atur dalam sebuah itinerary. Disamping itu janganlah lupa untuk memeriksa masing-masing tulis dan harga. Untuk penelitian itu kamu dapat memakai sarana internet. Banyak-banyaklah cari rekomendasi bahan bacaan atau info hingga kamu dapat ketahui di sekitar berapakah harga biasa beberapa barang itu.

Beli oleh-olehan tidak harus mahal, disamping itu belum pasti sang penerimanya suka. Karenanya tidak ada kelirunya untuk bertanya dan cari tahu kurang lebih barang apa yang dicintai untuk setiap yang menerima oleh-olehan kamu. Atau jika kamu malu, membeli saja oleh-olehan yang biasa dan aman, seperti gantungan kunci, magnet kulkas, alat pena unik, dll. Harga juga relatif murah.

3. Buat Bujet/Bujet Berbelanja

Tulis dan persiapkan dana khusus untuk berbelanja. Pisah dana itu dengan bujet untuk makan, fasilitas, keperluan yang lain, dan transportasi. kamu dapat pisah dengan memakai semacamnya atau amplop. Jika tidak memakai amplop atau tempat pembatas bujet, pastikanlah kamu punyai catatan tiap bujet dan berapakah yang telah dikeluarkan.

Jika ada titipan, upayakan meminta uangnya lebih dulu, hingga kamu tidak harus sediakan dana khusus untuk keperluan orang lain.

4. Buat Shopping Daftar

Buat daftar belanjaan sesuai bujet yang telah diputuskan. Ini akan menolong kamu supaya berbelanja tidak terlalu berlebih sesuai keperluan dan tidak kelupaan beli daftar oleh-oleh. Idenya soh sebelas-dua belas seperti kita membudgetkan.membujetkan berbelanja bulanan.

5. Buat Daftar Yang menerima

Membuat daftar yang menerima akan menolong kamu pastikan siapa saja saja yang hendak terima oleh-olehan dari kamu supaya tidak terlewat. Hingga kamu meminimalkan rasa cemburu rekan-rekan sekitaran, supaya mereka tidak berpikiran kamu pilih-memilih dalam berteman. Jika kebanyakan dan bujet kurang, membeli saja oleh-olehan yang murah dan meriah seperti gantungan kunci, pulpen unik, magnet yang lain atau kulkas.

6. Mengajak Mitra Yang Jago Menawar

Sebaiknya ajak rekan yang punyai kekuatan komunikasi yang baik pada hal menawar supaya kamu dapat memperoleh harga yang khusus, ditambah rekan yang pahami tradisi di tempat dan bahasa.

7. SKSD Dengan Warga Lokal

Jika kamu tidak mempunyai rekan yang pahami bahasa dan tradisi di tempat, tidak ada kelirunya SKSD (berlagak mengenal berlagak dekat) dengan warga lokal supaya bisa menolong kamu menawar untuk memperoleh harga terbaik.

8. Tidak boleh Tertarik Potongan harga

Potongan harga banyak membuat orang terkadang terjerembam dalam pemborosan. Belum pasti barang yang didiskon sesuai keperluan, ditambah permasalahan kualitas. Tidak boleh karena potongan harga, kamu jadi kalap menghamburkan uang.

9. Tidak boleh Pergi Ke Mall

Jika tujuan rekreasi kamu ke beberapa daerah baru, seharusnya tak perlu ke mall. Selainnya harga yang relatif mahal, untuk kamu yang kemungkinan hidup di wilayah perkotaan kemungkinan telah terlatih pergi ke sana. Jadi untuk apa berlibur jauh cuman untuk ke mall?

Ingat-ingatlah salah satunya arah berlibur ialah cari kehebohan baru. Jika ke mall untuk masalah makan, no comment deh. Karena ini ialah permasalahan hasrat dan perut. Apa lagi saat kamu ada di satu wilayah, yang makanannya kemungkinan tidak membuat kamu berselera, dibanding kelaparan, silahkan makan di mall.

10. Tentukan Waktu Berbelanja

Berbelanja pagi hari memberikan kamu saat yang panjang untuk berkeliling-keliling toko dan pilih barang oleh-oleh. Begitupun dengan udaranya yang kemungkinan belum sesesak siang hari karena umumnya makin beberapa orang berkumpul. Tetapi berbelanja malam hari, umumnya banyak toko yang tawarkan harga yang tambah murah atau membanting harga saat sebelum penutupan toko.

11. Keliling Toko

Tidak ada kelirunya saat kamu mempunyai waktu berlebihan untuk berkeliling-keliling toko, kerjakan perbandingkan harga dari toko ke toko. Minimal bikinlah pembeda 2-3 toko untuk memperbandingkan barang yang kwalitasnya dan tipe yang sama tetapi mempunyai harga yang sama sesuai kocek.

12. Cermat Barang

Tidak boleh tergoda dengan potongan harga besar, apa lagi belum pasti memberi barang dengan kualitas yang bagus. Untuk makanan, check tanggal expired, check tutup paket masihkah tersegel tidak atau bagus. Dan untuk barang, check adakah kerusakan, rengat atau guratan, Cematilah saat sebelum beli!

13. Membawa Ekstra Bag

Tas extra diperlukan saat kamu belanja dengan jumlah besar supaya barang bawaan kamu masih tetap rapi, ditambah saat kamu harus beralih dari 1 tempat ke arah tempat lain lewat transit di sejumlah bandara.

Bawa paper bag besar saat belanja pada tempat tujuan wisata. Tak perlu malu untuk bawa koper kosong khusus untuk barang belanjaan dan oleh-olehan supaya ter-packing rapi.

14. Tidak boleh Berbelanja Di Lapangan terbang

Harga beberapa barang di lapangan terbang umumnya akan lebih mahal, bahkan juga berulang-kali lipat. Seharusnya jauhi berbelanja di bandara.

15. Kontan Money

Bawa uang kas kadang relatif tidak aman, tetapi uang tunai umumnya dapat menghindari kamu dari over bujet, dibandingkan memakai ATM, di mana kamu dapat bebas kuras dananya dan menggesek. Uang kas juga berguna untuk keperluan-kebutuhan yang karakternya tidak terduga. Jadi bawa uang tunai seperlunya saja.

16. Kartu Credit

Kartu credit benar-benar diperlukan saat kamu liburan ke luar negeri. Tetapi berhati-hati jika limit kamu besar atau unlimited, dapat membuat kamu lupa diri menggeseknya. Sepulangnya berlibur kamu tinggal stress bayar bunganya dan bill. Pakai untuk beberapa hal yang memberikan keuntungan, sebagaimana untuk beberapa barang yang memperoleh potongan harga besar dengan memakai kartu credit itu, dan lain-lain.

17. Loyalitas dan Disiplin Dengan Bujet

Kamu harus memiliki komitmen dan disiplin supaya tidak kelewatan memakai dana berlibur, walau banyak beberapa barang unik yang memikat, apa lagi kamu tidak pernah menyaksikan dan barang itu susah sekali untuk diketemukan. Loyalitas dan tahanlah, janganlah sampai kelewatan.

18. Life Must Go On After This

Ingat-ingatlah.. hidup kamu terus akan jalan setelah berlibur. Berlibur cuman mempunyai tujuan untuk me-recharge semangat hidup sesudah dipusingkan dengan kegiatan setiap hari. Karenanya tidak boleh buat beberapa hari kamu sesudah berlibur jadi muram karena kantong kamu bobol sepanjang berlibur. Ariflah dalam memakai uang untuk kesenangan kamu sepanjang lakukan perjalanan berlibur.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !