Cerita Sukses Jimmy Wales - Si Pendiri Wikipedia

Cerita Sukses Jimmy Wales - Si Pendiri Wikipedia

Di jaman serba Internet seperti sekarang ini, pasti benar-benar gampang untuk cari dan memperoleh sebuah Info. Kita cukup browsing di Internet, saat itu Info yang kita mencari ada di depan kita. Memang Internet tawarkan sejuta info yang bisa kita akses dimana saja dan kapan saja.

Berbicara mengenai memperoleh Info di Internet. Situs apa yang kerap kalian menjadikan rekomendasi dan referensi kalau ingin cari sebuah Info ?. Yaps, Wikipedia. Sebagian besar dari kita tentu pernah berkunjung website yang dipanggil situs sejuta umat ini.

Wikipedia sebagai situs ensiklopedi terkomplet dari semua bahasa di dunia. Selainnya tawarkan sejuta Info, Wikipedia memungkinkannya kita untuk sama-sama tukar Info dengan membuat, mensunting, mengopi info, dan ditebarkan secara bebas. Maknanya Wikipedia memiliki sifat terbuka untuk siapa yang ingin berperan untuk penebaran pengetahuan secara digital.

Jadi tidak bingung kenapa Wikipedia jadi benar-benar terkenal dalam masyarakat dunia. Bahkan juga sekarang ini Wikipedia menempati status ke 5 di dunia sebagai situs yang terbanyak di datangi di planet ini. Ini jadi bukti kedikdayaan Wikipedia sebagai salah satunya situs terpopuler selama hidup.

Nach dari keberhasilan Wikipedia, pikirkan tidak siapa sich figur dibalik nama besar Wikipedia ?. Ia ialah Jimmy Wales Founder Wikipedia. Lantas seperti apakah cerita sukses Jimmy Wales ?. Berikut ialah narasi menginspirasi dari si pendiri Wikipedia dimulai dari biografi, profile, sampai perjalanan hidup. Baca Penuturannya.

Biografi Jimmy Wales

Jimmy Donal Wales, ataupun lebih dikenali Jimmy Wales, lahir di tanggal 7 Agustus 1966 di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Dia termasuk jalani hidup yang simpel. Ayahnya ialah seorang pemilik toko serba ada, dan ibunya adalah staf pendidik dalam suatu sekolah swasta kecil.

Info Source

Yang memikat pada sekolah tempat Ibunya bekerja ini sedikit berlainan dengan sekolah yang lain. Di mana selainnya jumlah siswanya yang sedikit, sekolah ini dijumpai menjadikan satu siswa-muridnya di satu kelas karena jumlah siswa yang terlampau sedikit, dan wales juga bersekolah di sini.

Disamping itu, sistem edukasi dari sekolah itu memungkinkannya beberapa pelajarnya untuk pilih pelajaran yang mereka gemari. Dan untuk Wales, dia benar-benar sukai pelajari dan membaca buku mengenai Ensiklopedi dunia.

Sesudah lulus Sekolah Dasar, Wales meneruskan pengajarannya di Randolph School. Di situ Wales mulai mengenali dan pelajari tehnologi dasar karena Sekolah itu memiliki sarana tehnologi yang ideal untuk dipakai siswanya, misalkan laboratorium computer dan lain-lain. Meskipun Wales berasa jika bersekolah disitu terlampau mahal untuk keluarganya, tapi dia sadar jika pengajaran itu sangat penting untuk raih semua cita-citanya.

Sesudah lulus, Wales meneruskan pengajarannya dengan masuk Kampus Auburn dan lulus sebagai seorang sarjana keuangan. Selanjutnya dia meneruskan gelar master di Kampus Alabama untuk jalur yang serupa. Dan kembali meneruskannya di Kampus Indiana dengan gelar Doktor. Sepanjang memikul pengajaran saat sarjana, Wales sempat jadi seorang Dosen tak tetap. Tetapi sayang dia tidak kerjakan disertasi untuk mendapat gelar Ph.D.

Sesudah menyelesaikan pengajarannya, Wales mengawali karier dengan bekerja sebagai direktur penelitian di Chicago Options Associates, salah satunya perusahaan pialang, dia bekerja di perusahaan ini dengan kurun waktu tahun 1994 sampai 2000.

Membuat Bomis dan Nupedia

Meskipun dia dapat menghasilkan banyak uang saat bekerja di perusahaan ini, tetapi kenyataannya ini bukan jadi opsi khusus hati Wales sampai pada akhirnya dia memilih untuk stop. Di antara bekerja persisnya di tahun 1996, dia secara sembunyi-sembunyi membangun sebuah situs perniagaan dan penelusuran namanya Bomis.

Situs Bomis sempat meledak, tetapi website ini dipandang pro-kontra karena dipandang tampilkan dan jual beberapa barang yang erotisme. Tidak salah dia pada akhirnya melepaskan Bomis dan kembali mengawali usaha yang memiliki sifat aman serta lebih berguna.

Di bulan Maret tahun 2000, Wales pada akhirnya membangun situs ensiklopedi namanya Nupedia. Website ini ialah cikal-bakal dari lahirnya situs Wikipedia.

Lahirnya Wikipedia

Larry Sanger yang disebut pegawai Wales saat di Bomis, ajukan proposal untuk membikin situs ensiklopedi berbasiskan wiki (memungkinkannya pemakainya menambahkan atau mengganti isi situs). Gagasan itu ada karena lambannya perkembangan dari situs Nupedia. Menangani lanjuti gagasan itu, Wales selanjutnya usaha untuk merealisasikan lahirnya situs itu, dan pada akhirannya, di tanggal 15 Januari 2001, Wikipedia dengan cara resmi dibangun.

Sebelumnya Wikipedia ialah situs simpatisan Nupedia, di mana semua info yang diberi oleh pemakai di website Wikipedia dicheck oleh beberapa pakar dan info itu dimasukkan pada situs Nupedia.

Tapi perubahan Wikipedia yang cepat sekali jadikan website ini makin mengalami perkembangan dan situs Nupedia jadi tidak terurus.

Menurut info dari media luar, Wikipedia habiskan dana sampai US$ 500 ribu, dan dana itu sebagai hasil keringat Wales sendiri saat bekerja di perusahaan pialang saham. Dan baru tahun 2006, dia memperoleh tambahan modal modal dari beberapa perusahaan yang perduli pada kemauan mulia Wales untuk membagi Info berguna di penjuru dunia.

Keberhasilan Wales

Di tanggal 3 Juni 2006, Wales memperoleh gelar kehormatan dari Knox College. Di tanggal 3 Mei 2006, Wales berhasil mendapat penghargaan Pionireer Award dari Yayasan Elektronik Frontier. Wales ialah orang pertama kali yang masuk ke daftar Scientists dan Thinkers pada majalah Time edisi khusus tanggal 8 Mei 2006 (jadi orang yang paling punya pengaruh di dunia), dari daftar 100 orang terpenting 2006 di majalah Time.

Dan sekarang ini, berdasar data dari Alexa, Situs Wikipedia menempati rangking ke 5 sebagai situs terbanyak di datangi dan terpopuler di Planet ini.

- Nama Komplet : Jimmy Donal Wales

- Nama Penggilan : Jimbo / Jimmy

- Tempat Tanggal Lahir : Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. 7 Agustus 1996

- Almamater : Kampus Auburn, Kampus Alabama, Kampus Indiana Bloomington

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !