Cerita Sukses Pendiri WordPress - Matt Mullenweg

Cerita Sukses Pendiri WordPress - Matt Mullenweg

Untuk beberapa developer Web dan Website, kemungkinan tidak asing saat dengar nama WordPress. Ya WordPress adalah program CMS penyuplai content dan situs hosting (website engine) sekarang ini, disamping itu, wordpress memiliki sifat open source (terbuka), jadi siapa saja bisa jadi meningkatkan program berbasiskan web di basis wordpress.

Meskipun yang berada di wordpress tidak semua memiliki sifat gratis, tetapi basis ini malah kuasai pasar web di dunia, maknanya, beberapa pengembang web sekarang ini cenderung pilih basis WordPress untuk meningkatkan web atau website mereka daripada memakai program yang sama.

Nach untuk kamu yang seorang blogger atau seorang admin web yang memakai WordPress sebagai CMS nya, apa kamu mengenali siapa figur dibalik WordPress, tidak boleh cuman dapat memakai wordpress nya saja tetapi tidak mengenal siapa sich pendiri nya.

Ia ialah Matt Mullenweg, seorang lelaki berwarganegara Amerika Serikat yang sukses membuat wordpress dari 0 hangga jadi besar seperti sekarang ini. Lantas bagaimana narasi sukses Matt Mullenweg saat membuat WordPress ? Berikut Biografi, profile, sampai Cerita Menginspirasi dari Matt Mullenweg si Owner sekalian Founder WordPress. Baca Penuturannya.

Biografi Singkat

Matthew Charles atau Matt Mullenweg dikenali sebagai pendiri WordPress, dan Owner sekalian CEO Automattic. Dia lahir di tanggal 11 Januari 1984 di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Semenjak kecil, ke-2 orangtua Matt Mullenweg membawanya untuk menyenangi musik. Dia lalu dikenalkan dengan beragam jenis alat musik terutamanya alat musik saksofon. Matt Mullenweg lalu masuk di SMA namanya High School for the Performing and Visual Arts dan terus memperdalam musik jazz dan saksofon.

Info Source

Sesudah lulus SMA, Matt Mullenweg meneruskan studinya di University of Houston ambil jalur politik, Saat kuliah berikut Matt Mullenweg mulai membuat WordPress. Di bulan januari 2003, Matt Mullenweg bersama Mike Little memilih untuk membuat wordpress yang diawali dengan membuat kodebase untuk wordpress. Diusianya yang termasuk cukuplah muda, Matt Mullenweg bisa membangun Gobal Multimedia Protocol Gruop.

Di tahun 2004, Matt Mullenweg tergabung dengan CNET perusahaan website yang mengeluarkan artikel informasi, tehnologi dan podcast, tetapi Matt Mullenweg harus mengikhlaskan studinya karena dia memutuskan untuk drop-out, selanjutnya dia berpindah ke San Fransisco, AS. Matt Mullenweg bekerja di perusahaan CNET sekalian meningkatkan situs WordPress.

Membangun Automatic

Di bulan Oktober 2005, Matt Mullenweg keluar CNET untuk konsentrasi pada WordPress secara penuh. Sesudah keluar CNET, Mullenweg membuat Akismet yang berperan untuk hentikan dan mencari komentar spamming. Di bulan Desember 2005, Mat Mullenweg membangun sebuah perusahaan namanya Automattic di bawah nama WordPress dan Akismet. Automattic mengaryakan beberapa orang yang awalnya berperanan dalam project WordPress tersebut.

Di bulan 2006, Mat Mullenweg mengambil bekas CEO Oddpost dan eksekutif Yahoo! Toni Schneider untuk tergabung dengan Automattic sebagai CEO. Pas, perusahaan Automattic pada akhirnya memperoleh dana fresh sekitaran US$ 1,1 Juta dari Polaris Venture, True Ventures, Radar Ventures, dan CNET.

Keberhasilan WordPress dan Automattic

Entahlah kebenaran atau mungkin tidak, dua perusahaan Auotomattic dan WordPress tumbuh bersama-sama, diawali dari Automattic yang berhasil mendapat dana besar ke-2 mereka sebesar US$ 29,lima juta, dana itu dipakai agar perusahaan ini masih tetap Mandiri atau berdiri dengan sendiri.

Sama seperti dengan WordPress. Di bulan januari 2009, San Fransisco Business Times mengatakan trafict situs WordPress tumbuh bisa lebih cepat dibanding service yang sama seperti Blogger dari Google, dan Six Apart. Dalam sebuah interviu, Mat Mullenweg mengutarakan jika perusahaan WordPress tumbuh dengan cepat sekali, bahkan juga perkembangan jalan raya organik capai 10% di tiap bulannya. yang lebih mengagetkan ialah ada minimal lebih dari 15 ribu website baru yang di host oleh WordPress sehari-harinya diawalnya awalnya WordPress berdiri.

Di bulan juli 2011, website WordPress melalui anggka 50 juta website secara global. Dan di bulan mei 2012, All Things D memberikan laporan jika WordPress betul-betul memimpin situs dengan telah melaunching 70 juta website yang memakai WordPress sebagai CMS. Ini hasilkan penghasilan senilai US$ 45 juta di tahun 2012.

Penghargaan Matt Mullenweg

Di bulan Maret 2007, Matt Mullenweg memperoleh penghargaan sebagai 16 of the 50 most important people on the situs by PC World. Di tahun yang serupa, Matt diberitakan sudah menampik penawaran senilai US$ 200 juta untuk beli perusahaan kepunyaannya namanya Automattic. Di tahun 2008, Matt terima the Information Technology Innovator Award. Salah satunya penghargaan paling prestius yang didapatkan Matt ialah saat dia dikukuhkan sebagai satu dari 10 orang punya pengaruh di dunia online di tahun 2011. Dari data The Richest, dijumpai jika kekayaan bersih Matt Mullewenweg berharga sekitaran US$ 40 juta. Sementara WordPress sendiri, berdasar data Forbes, berharga US$ 1,16 miliar.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !