6 Langkah Menjaga Kucing Kecintaan yang Baik supaya Masih tetap Sehat

6 Langkah Menjaga Kucing Kecintaan yang Baik supaya Masih tetap Sehat

Jaman saat ini, beberapa pilihan untuk melepaskan stress. Satu diantaranya dengan memiara binatang, seperti kucing, anjing, burung, hamster, dll. Seringkali mereka jadi rekan bermain pelepas stress sesudah hadapi kegiatan seharian. Berbicara berkenaan binatang kecintaan, kucing sebagai salah satunya hewan favorite yang banyak dipiara oleh beberapa orang sepanjang berabad-abad. Ingin itu yang tipe lokal (mongrel) atau tipe kucing ras (pedigree) seperti Anggora atau Persia.

Apa saja kucing yang anda punyai, ingin lokal atau kucing ras, semua perlu dirawat, seperti dimandikan, disisir, dibikin bersih mata, telinga, dan kakinya dari kotoran, dan dirawat giginya dan kuku. Tetapi yang terang, kucing ras tentunya membutuhkan ongkos extra untuk perawatannya dan makan.

Terkadang beberapa hobbier, lupa lakukan detil-detil perawatan itu. Atau karena sangat tidak ingin repotnya, mereka berikan perawatannya pada Pet Shop. Walau sebenarnya saat itu sebagai saat yang pas agar semakin memperkuat hubungan kucing dan pemiliknya, bahkan juga membuat kucing lebih optimis dan suka.

Mempunyai kucing piaraan, terkadang jadi sebuah kebanggaan tertentu untuk pemiliknya. Apa lagi yang kalau kucing mempunyai keunikan. Karena itu terkadang, kucing-kucing piaraan dipasarkan pada harga yang cukup mahal.

Seringkali beberapa pencinta kucing mengikutkan kucing piaraannya dalam sebuah gelaran lomba binatang. Selainnya dapat tingkatkan reputasi sang kucingnya, bisa juga meningkatkan reputasi sang tuannya. Dengan demikian dapat meningkatkan prestis sang kucingnya itu juga. Kelihatan dari rate jual yang cukup mahal untuk kucing yang selalu memenangi kontes perlombaan. Apa lagi untuk orang yang hobi koleksi kucing, harga bukan satu masalah.

Binatang apa saja, ingin mahal atau mungkin tidak, ingin unik atau mungkin tidak, ingin lokal atau ras, tetep memerlukan perawatan. Nach berikut panduan dan langkah menjaga kucing untuk anda beberapa pencinta kucing.

1. Menjaga netgsites4jan Bulu-bulu

Sebetulnya lewat cara natural kucing bisa bersihkan bulu-bulunya dengan menjilat-jilati bulu-bulunya sendiri. Tetapi untuk kucing-kucing ras yang umumnya mempunyai bulu-bulu yang panjang, mereka kadang kesusahan. Karenanya pemilik seharusnya lakukan perawatan bulu-bulu 1 minggu sekali. Di bawah ini beberapa langkah untuk menjaga bulu-bulu kucing:

- Saat sebelum perawatan, tepok dan belai sisi belakang kucing secara halus, saat sebelum disikat dan disisir.

- Sisir bulu-bulu di bagian perut dan kaki sampai bulu-bulunya tidak kusut lagi.

- Sisir bulu-bulu di bagian kepala di atas sampai bawah, berlanjut ke sisi punggung sampai pangkal ekor dan ujung ekor, selanjutnya sisir dengan arah berbeda dengan arah bulu-bulu yang mati terangkut.

- Untuk hilangkan lemak dan kotoran dan menangani kusut, bulu-bulu dikasih bedak bubuk secukupnya. Khusus untuk kucing yang dengan bulu gelap, pemberian bedak tidak boleh terlampau banyak.

- Untuk pisahkan gumpalan-gumpalan bulu-bulu, taburi sedikit bedak bubuk, selanjutnya pisah gumpalan bulu-bulu itu dengan tangan sampai terpisah jadi lembaran-helaian.

- Sisir bulu-bulu disekitaran leher dengan arah bolak-balik hingga bulu-bulu memikulg.

- Sikat bulu-bulu dari kepala sampai ekor dengan bertahap untuk bersihkan dan mengusung rambut mati.

- Cara akhir, sikat kembali bulu-bulu ekor secara perlahan-lahan ke luar di bagian yang sama.

2. Menjaga Kuku

Kuku kucing yang terlampau panjang bukan sebuah keelokan untuk satu ekor kucing. Keadaan itu justru akan membuat kesusahan jalan, karena kukunya akan membengkok ke dalam. Disamping itu kuku kucing yang terlampau panjang dapat menghancurkan karpet dan sofa saat kucing melonjak atau jalan.

Terkadang kuku pada kucing jadi tertutup oleh bulu-bulu kucing yang terlampau panjang. Terutamanya pada kucing-kucing ras seperti persia. Karenanya bulu-bulu sekitaran cakar upayakan masih tetap pendek, hingga anda gampang memantau panjang kukunya.

Alat pemotong kuku kucing tidak sama yang dipakai untuk menggunting kuku manusia. Alatnya dibuat khusus memang untuk kucing. Saat lakukan pemangkasan kuku, upayakan supaya kucing tidak berontak. Berikut cara untuk menggunting kuku kucing lebih aman.

- Pegang kaki kucing dengan memberi penekanan enteng hingga kuku kucing akan keluar.

- Potong sisi ujung kuku yang putih. Namun tetap berhati-hati janganlah sampai daging di bawah kuku yang peka turut terpenggal. Untuk menghindar kekeliruan, semakin aman menggunting kuku secara sedikit untuk sedikit.

3. Menjaga Telinga

Kerjakan pemeriksaaan telinga kucing dua hari sekali dan membersihkan satu minggu sekali. Telinga kucing yang kotor menjadi sumber mengembangnya kutu dan bakteri. Untuk membersihkan anda membutuhkan perlengkapan seperti kapas, cotton bat, baby alkohol dan oil. Berikut cara perawatannya:

- Pegang dan miringkan kepala kucing dengan oke dan halus, supaya kucing tidak berontak. Membuka daun telinga kucing, lalu membersihkan dengan memakai kapas atau cotton bat yang sudah dikasih baby alkohol atau oil.

- Membersihkan tersisa kotoran pada bagian luar telinga dengan memakai kapas yang sudah dikasih alkohol atau cairan pencuci telinga supaya kotoran gampang terangkut.

- Membersihkan dalam telinga secara berhati-hati supaya kotoran tidak tergerak lebih dalam ke telinga sisi dalam dengan memakai cotton bat. Tidak boleh masukkan cotton bat atau mengorek telinga terlampau dalam ke sisi yang peka.

4. Menjaga Mata

Mata kucing yang jarang-jarang dibikin bersih akan membuat bulu-bulu disekitaran mata jadi kotor dan kecoklat-coklatan. Untuk membersihkan anda memerlukan kapas, cotton bat, cairan pencuci mata atau air hangat, dan kain tisu atau bersih. Berikut cara perawatannya:

- Pegang kepala kucing dengan oke dan halus, lalu condongkan ke atas.

- Gosokkan mata dengan kapas atau cotton bat yang telah dibasahi cairan pencuci air hangat atau mata.

- Membersihkan secara perlahan-lahan, sampai bersih dari kotoran mata dan bintik.

- Usaplah mata kucing dengan kain bersih atau tisu sampai kering, sebagai tahapan akhir.

- Jika dijumpai ada infeksi, seperti mata memeras, kontak dokter hewan selekasnya untuk memperoleh obat mata yang sesuai.

5. Menjaga Gigi

Sama dengan manusia, kebersihan gigi sebagai sisi penting yang pelu diperhatikan. Kalkulus gigi yang warna kuning dan menimbun di sekitar gusi, akan memunculkan iritasi dan infeksi, jika tidak selekasnya dibersihkan. Bahkan juga dapat sampai menghancurkan akar gigi.

Seharusnya perawatan kebersihan gigi pada kucing dilaksanakan semenjak kucing masih kecil. Kerjakan pengecekan gigi dengan teratur dan membersihkan minimum 1x dalam seminggu.

Pakai sikat gigi kecil atau cotton swabs dan odol khusus kucing piaraan. Tetapi jika sudah terlampau tebal, bawa ke dokter hewan untuk dibersihkan.

Di situ mereka akan dibius supaya tidak kesakitan dan melawan saat dibersihkan. Berikut cara untuk bersihkan gigi kucing:

- Buat mulut kucing terbuka dengan tekan pojok rahang dengan memakai ibu telunjuk dan jemari.

- Angkat kotoran yang melekat dengan menyikatnya secara perlahan.

6. Memandikan Kucing

Memandikan kucing jadi sisi paling penting dalam perawatan hewan lucu ini. Apa lagi jika bulu-bulunya tercemar dengan minyak, kotoran atau lemak. Frekwensi memandikan kucing tidak pasti, bergantung dari tipe, cuaca, dan kegiatan. Yang terang kucing dengan keadaan bulu-bulu yang buruk, kotor dan berkutu, seharusnya dimandikan satu atau dua minggu sekali.

Saat sebelum memandikan kucing yakinkan dahulu kucing pada keadaan sehat, tidak flu, diare atau terserang penyakit lainnya. gunting dahulu kukunya (poin 2), membersihkan telinganya (poin 3), membersihkan matanya (poin 4) dan melakukan perawatan untuk bulu-bulunya dahulu (poin 1).

Kemudian, persiapkan perlengkapan mandi seperti bak yang besar, gayung, sikat karet, air hangat, sampo dan conditioner khusus kucing, handuk halus, washlap, sisir, dan hairdryer. Seterusnya turuti beberapa langkah berikut

- Isi bak sama air hangat sampai kedalaman 10-15 cm.

- Masukan kucing ke bak air itu. Basahi badannya dengan gayung atau mungkin dengan memakai shower secara rata dari tengkuk sampai ekor, terkecuali sisi telinga dan muka.

- Sesudah air membasahi bulu-bulu kucing secara rata, beri shampo.

- Pijat dan gosok sampai sampo rata secara lembut.

- Pakai sikat karet supaya sampo dapat sentuh sampai sisi dasar kulit. Yakinkan tidak terserang matanya dan telinga.

- Basuh sama air bersih sampai sampo betul-betul bersih. Silakan kerjakan penyampoan kembali, jika diperlukan. Sesudah usai beri conditionernya. Basuh kembali sampai sampo dan conditioner betul-betul bersih.

- Angkat kucing dari bak, selimuti kucing sampai kucing 1/2 kering.

- Khusus pada bagian kepala, sekitaran mata, telinga, dan hidung membersihkan dengan memakai washlap yang dibilas air hangat. Seka sisi itu sampai bersih.

- Tempatkan kucing dalam kandang letakan di lokasi yang terserang cahaya matahari sepanjang beberapa saat, selanjutnya keringkan dengan memakai hairdryer dalam jarak yang relatif aman sekalian disisir sampai kering prima sampai dasar kulit.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !