7 Langkah Membuat Rekanan Usaha yang Baik

7 Langkah Membuat Rekanan Usaha yang Baik

Sebagai seorang pebinsis atau wiraswastawan, anda harus ketahui bagaimanakah cara membuat rekanan usaha yang bagus. Karena rekanan atau networking di dunia usaha adalah hal yang penting untuk dibuat.

Rekanan usaha tidak selamanya datang dari beberapa orang paling dekat kalian. Kadang, kita dapat meluaskan rekanan dengan sama-sama wiraswastawan yang bahkan juga tidak pernah kita mengenal awalnya.

Dengan rekanan usaha yang bagus, kita akan menambahkan wacana dan pengetahuan di dunia perdagangan dan usaha. Bahkan juga ada beberapa faedah yang lain dapat menolong anda karena mempunyai networking yang bagus, dimulai dari menolong marketing produk lebih luas sampai menolong percepat perubahan usaha anda.

Maka networking yang bagus harus dipunyai oleh tiap pebisnis. Tapi, bagaimanakah cara membuat rekanan usaha yang bagus?

Saat sebelum mengulas mengenai langkah membuat rekanan usaha yang bagus, kita harus ketahui apakah itu rekanan usaha yang dibahas. Rekanan usaha ialah sebuah pembangunan jaringan dari beberapa orang yang bekerja di dunia usaha apa saja. Sebetulnya, rekanan usaha dapat dibuat secara perlahan-lahan saat anda berjumpa beberapa orang baru yang terkait dengan usaha anda.

Rekanan usaha ini bukan hal yang tercatat dan terang. Dapat sehingga anda memandang seorang sebagai rekanan, tetapi mereka tidak memandang begitu. Nach, berikut salah satunya argumen keutamaan membuat rekanan yang bagus.

Nach untuk membuat rekanan yang bagus dengan beberapa pebisnis lain, anda dapat ikuti beberapa panduan membuat rekanan usaha di bawah ini.

1. Teratur Turuti slotgacorjoker Workshop dan Seminar

Akhir-akhir ini, dengan beberapa berdirinya startup-startup baru di Indonesia, makin banyak juga workshop dan seminar usaha yang di selenggarakan terutamanya di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Seminar dan workshop semacam ini bisa juga dituruti oleh warga umum, terhitung anda yang telah mempunyai usaha sendiri.

Selainnya untuk menambahkan pengetahuan dan wacana baru di dunia usaha, ikuti workshop semacam ini bisa juga menghadapkan anda sama orang yang memperdalam usaha yang serupa. Disana, anda dapat kenalan dan membuat rekanan usaha baru.

2. Tidak boleh Enggan Kenalan

Sebagian dari kita kemungkinan ada yang berasa enggan atau malu saat ingin kenalan dengan orang baru. Walau sebenarnya ini dapat membuat kita banyak kehilangan peluang emas di dunia usaha yang ditempuh.

Oleh karenanya, lakukan diri tidak untuk enggan kenalan dengan orang baru. Karena saat ikuti workshop atau seminar, tentunya ada beberapa orang yang belum pernah kita jumpai awalnya.

Disamping itu kenali juga langkah dan norma kenalan yang bagus. Ini dilaksanakan supaya kita tidak mengganggu musuh biscara kita dan malah membuat tidak nyaman.

3. Betukar Kartu Nama Masih Jadi Langkah Yang Efisien

Langkah membuat rekanan usaha yang bagus selanjutnya dengan tukar kartu nama. Kemungkinan orang mulai lupakan adat ini, tapi di beberapa negara besar seperti Jepang, tukar kartu nama tetap menjadi langkah terbaik untuk kenalan dan membuat jalinan usaha.

Tukar Kartu Nama dapat menjadi langkah alternative buat anda yang malu kenalan secara resmi dengan mengatakan nama sendiri. Karena umumnya, orang Indonesia langsung akan dekat walau belum ketahui nama keduanya.

Disamping itu tukar kartu nama bisa juga mengisyaratkan jika anda ingin kenalan tidak cuma hanya rekan tetapi sebagai profesional dalam tugas.

4. Teratur Ikuti Pameran dan Moment

Selainnya workshop dan seminar, pameran atau moment dapat menjadi salah satunya langkah merajut rekanan dengan pelaku bisnis lain. Apa lagi buat anda yang mengawali usaha baru, pameran menjadi tempat promo sekalian bergaul yang paling efisien.

Beberapa macam pameran dan moment sediakan tempat untuk beberapa wiraswastawan untuk buka stand usahanya. Stand ini dapat dipakai untuk jualan, atau sekedar untuk promo dan branding saja.

Tidak tutup peluang, ada wiraswastawan yang lain bertandang ke stand anda. Nach, ini adalah peluang emas untuk merajut rekanan baru. Atau, anda bisa juga berkeliling-keliling dan bertandang ke stand punya seseorang untuk kenalan dan bergaul.

5. Jadilah Penyambung Untuk Perkuat Networking

Langkah membuat rekanan usaha yang bagus selanjutnya dengan jadi penyambung untuk rekanan anda penuhi keperluannya. Tentu saja, tiap wiraswastawan mempunyai keperluan masing-masing bagus untuk meningkatkan usahanya.

Misalkan jika salah satunya rekanan anda sedang memerlukan investor, anda dapat menolongnya dengan jadi penyambung ke investor yang anda kenali. Atau, anda dapat tawarkan usahanya ke salah satunya investor yang mencari tempat untuk melakukan investasi.

Contoh yang lain, jika salah satunya rekanan wiraswastawan anda mencari accountant untuk usahanya dan anda mempunyai kenalan accountant, anda dapat merekomendasikan kenalan accountant anda itu dengan memberikan contact yang dapat dikontak. Sederhana kan!

6. Selalu Berlaku Low Profil

Mempunyai kebanggaan pada perolehan dalam usaha anda memang satu hal yang umum dirasa. Tapi jika terlampau terlarut dalam kebanggaan itu, anda dapat dicap jadi orang yang tinggi hati.

Dan umumnya beberapa orang yang kurang sukai dengan karakter tinggi hati yang diperlihatkan seseorang . Maka, low profil atau berlaku rendah diri menjadi satu diantara langkah membuat rekanan usaha yang bagus.

Dengan melatih karakter low profil atau rendah diri, beberapa orang akan memandang anda jadi orang yang asyik untuk dibawa berbicara. Karena tidak menyombong suatu hal yang malah berbuntut membikin tidak nyaman keduanya.

7. Komunikasi Dengan Baik

Kunci dalam setiap jalinan baik persahabatan, keluarga, atau pertalian cinta ialah komunikasi yang bagus. Ini terjadi dalam jalinan tugas dan profesional. Komunikasi yang bagus dapat membimbing anda membuat rekanan usaha yang bagus juga.

Salah satunya langkah berbicara termudah tentu saja lewat chat lewat cara online. Tapi kadang, chat saja kurang cukup untuk membuat rekanan yang bagus.

Sehingga anda dapat memakai langkah ke-2 yakni berjumpa secara face to face. Tapi jika harus membuat janji khusus cuman untuk berjumpa tentunya akan susah, ingat setiap orang mempunyai aktivitas semasing.

Oleh karenanya, anda dapat menanganinya dengan membuat janji saat ingin bertandang ke moment yang serupa. Missal anda membuat janji ingin berjumpa dalam suatu seminar yang ingin anda kunjungi dan ingin rekanan usaha anda kunjungi juga.

Dengan membuat rekanan usaha yang bagus, anda dapat memperoleh beberapa keuntungan dan kontribusi. Tapi, tidak boleh manfaatkan rekanan usaha cuman untuk cari keuntungan dan kontribusi saja. Karena rekanan yang semacam ini malah sebagai jalinan yang tidak bagus.

Kebalikannya, bangunlah rekanan usaha yang sehat tanpa sama-sama manfaatkan keduanya. Selalu pegang konsep semakin banyak memberikan dibanding minta. Dengan demikian, usaha anda dapat tumbuh karena keringat dan perjuangan sendiri, bukan lantaran simpati dari pihak lain.

Nach, jadi seperti itu cara-cara membuat rekanan usaha yang bagus. Karena mempunyai networking ini penting, anda sebaiknya mulai membuat dan bergaul dari sekarang ini.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !