10 Langkah Minta Tolong dan Kontribusi Ke Seorang yang Baik dan Betul

10 Langkah Minta Tolong dan Kontribusi Ke Seorang yang Baik dan Betul

Sebagai makhluk sosial yang sama-sama memerlukan keduanya, ada saatnya kita untuk minta suatu hal ke seseorang, baik berbentuk minta bantuan atau minta kontribusi. Minta bantuan tidak cuma diperuntukkan untuk beberapa orang yang kita mengenal saja seperti rekan, teman dekat, keluarga, orang-tua, saudara, kekasih, dan pasangan, tetapi dapat ke siapa saja.

Kadang kita cuman berlaku baik ke beberapa orang yang kita rasakan kelak akan memerlukan kontribusinya selanjutnya meremehkan beberapa orang yang serupa sekali tidak kita perlukan.

Ini ialah pemahaman yang keliru. Bisa saja lho kelak kamu akan minta dana untuk beberapa orang yang serupa sekali tidak kamu kenali awalnya, terhitung ke orang yang kamu acuhkan.

Ingat-ingatlah peribahasa menjelaskan Roda itu berputar-putar. Terkadang di atas terkadang di bawah.

Lantas bagaimanakah langkah dan panduan minta bantuan ke orang yang benar dan baik? Berikut ialah langkah minta bantuan dan dana untuk seorang yang benar dan baik.

1. Yakinkan ia orang yang pas buat kamu meminta bukatogel suatu hal

Saat sebelum minta suatu hal, pastikanlah kamu ketahui background orang yang akan kamu mintai itu. Janganlah sampai kamu membuat malu diri kita dengan minta suatu hal beberapa hal yang tidak sesuai keadaan dan kekuatan orang itu. Misalkan minta bantuan dengan orang yang sedang sakit, kembali cepat-cepat, atau kembali repot.

2. Dapatkan saat yang pas

Saat kamu kembali ada keinginan sama seorang, karena itu pilih saat yang pas, saat yang minimal Kamu ketahui jika apa yang hendak kamu ucapkan kelak bisa di dengarnya secara baik.

Karena kadang beberapa orang condong susah untuk dengarkan bila mereka kembali geram, depresi, atau jalani beberapa hari yang susah.

Misalkan saat kamu ingin minta uang jajan sama orang-tua. Saat sebelum minta, kamu kemungkinan saksikan dahulu situasi hatinya atau eksrepesi muka orang-tua mu. Kalau misalkan hatinya kembali suka dan mukanya kelihatan berbahagia, kemungkinan baru kamu berani untuk minta uang jajan padanya. Ini muncul karena rasa percaya jika perkataanmu akan di dengar secara baik.

3. Latihan berbicara

Saat sebelum minta bantuan, sebaiknya kamu menyiapkan ucapannya lebih dulu. Karena konyol bila kamu ingin minta bantuan tetapi kamunya justru salah bicara.

Yakinkan kalimat yang kamu siapkan ialah kata yang bagus untuk di dengar dan berkesan tidak ada yang memaksakan. Karena status kamu sekarang ini minta bantuan bukan disuruh tolong . Maka lihatlah norma dalam berbicara.

4. Belajar optimis

Tidak boleh pikirkan berapa besar rasa gengsimu sekarang ini, kalau memang kamu perlu, mengapa tidak turunkan ego diri kita.

Terkadang untuk minta suatu hal ke seseorang, terkadang ada sepotong rasa gengsi yang merintangi, bukan kamu saja kok, semuanya orang merasainya.

Tetapi coba pikir kembali, apa dengan jaga harga diri dapat membuat kamu berkembang dan maju? Atau masalahmu dapat terselesaikan? Benar-benar tidak!

Kadang ada saatnya kita harus turunkan sedikit saja harga diri, tidak boleh hiraukan apa yang dipikir seseorang sekarang ini, tetapi ketahui efeknya di masa datang.

5. Beri bolak-balik

Bila perlu, kamu dapat tawarkan suatu hal sebagai balasannya. Bukan berniat mengajari seorang tidak untuk tulus dan pamrih, tetapi kadang ada saatnya kita harus belajar rasa bolak-balik kebaikan dibalas dengan kebaikan.

Misalkan saat kamu minta bantuan rekan untuk menolongmu kerjakan pekerjaan matematika karena kamu tidak pandai matematika. Sebagai balasannya, kita akan menolong ia kerjakan pekerjaan fisika karena ia tidak pahami fisika.

Pokoknya dapatkan langkah hingga kamu tidak kelihatan sedang minta tetapi sedang bersepakat.

6. Tidak boleh berbasa-basi

Saat kamu ingin minta suatu hal sama seorang, karena itu ucapkanlah secara jelas apa yang sedang kamu harapkan dan perlukan, bukanlah berbelit. Arah kamu di sini untuk minta bantuan tidak untuk mendongeng.

Misalkan, saat kamu minta bantuan sama kekasih untuk jemput kamu di dalam rumah rekan, Nach pekerjaan kamu ialah langsung to the poin saja, Kamu dapat jemput saya tidak? bukan justru ngasih-ngasih code (alien) yang susah dipahami.

7. Siapkan sikap yang bagus

Menyaksikan bagaimana gestur seseorang saat memandang langkah kamu ajukan keinginan adalah hal yang paling penting. Upayakan kamu berlaku friendly, santun, memakai gaya bahasa yang pas, dan berbicara secara baik.

Pokoknya bikinlah pembicaraan kalian sangat menarik dan senyaman mungkin. Bila situasi mulai mencair, karena itu mulai untuk mengulas yang lebih serius kembali yakni arahmu untuk minta bantuan.

8. Tidak boleh menekan seakan-akan kamu yang namatotositus terpenting

Jangan sampai berasa dirimu yang terpenting, hingga kamu menekan orang yang lain kamu mintai suatu hal untuk selekasnya lakukan apa yang kamu ingin.

Coba pikir kembali jika seseorang juga punyai masalah pribadinya masing-masing dan punyai permasalahan kehidupan. Sebaiknya kamu berlaku sabar dan memulai kembali minta bantuan secara lembut.

9. Lihat beberapa orang yang menolong kamu

Tidak perduli apa permintaanmu itu susah atau gampang dilaksanakan, coba lihat beberapa orang yang kamu mintai suatu hal itu.

Misalkan saat kamu minta kontribusi dan minta bantuan. Orang yang tulus akan menolongmu dengan rasa suka hati. Kebalikannya, orang yang dari sejak awalnya sebetulnya tidak ingin menolong, mereka condong dengan 1/2 hati dalam menolongmu, bahkan juga sering akan menampik keinginan kamu itu.

Tujuan dari kita memerhatikan di sini agar kita tidak lupakan mereka yang betul-betul tulus menolongmu. Selanjutnya jangan sampai berlaku berat hati saat kamu menolong seseorang. Karena ketahuilah suatu hal yang tidak tulus itu tidak bagus di hati.

10. Katakan Terima kasih

Orang yang menolongmu memiliki hak memperoleh perkataan terima kasih. Waktu semuanya orang itu bernilai, ia ingin menyempatkan diri untukmu yang memiliki arti ia perduli denganmu.

Minimal, coba untuk menjelaskan Terima Kasih dari lubuk hati yang terdalam. Yakinlah, orang yang menolong kita tidak menginginkan apapun. Kemungkinan untuknya kata Terima Kasih ialah sebuah penghargaan buatnya pada sesuatu yang dilakukan untuk kita.

Saat dengar kata Terima Kasih darimu, karena itu ia kemungkinan akan menghargakannya, dan kemungkinan bila Anda memerlukan kontribusinya kembali, karena itu ia akan melakukan dengan suka hati.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !