10 Langkah Supaya Puasa Kita jadi Tidak Berasa dan Kuat Sampai Maghrib

10 Langkah Supaya Puasa Kita jadi Tidak Berasa dan Kuat Sampai Maghrib

Puasa kemungkinan gampang dilaksanakan untuk orang yang sudah biasa berpuasa. Tetapi bagaimana jadi kalau untuk beberapa orang yang belum terlatih puasa, misalkan untuk anak-anak yang ingin belajar berpuasa, atau untuk orang yang punyai larangan tetapi tetap ingin berpuasa, tentu saja mereka harus melatih diri untuk berpuasa pada bulan ramadhan ini, melatih untuk kuat meredam lapar dan haus mulai dari subuh sampai hadirnya waktu maghrib.

Sebetulnya sich bukan mereka saja, orang yang sudah biasa puasa juga kadang masih berasa lemas dan mengeluhkan masih lama waktu untuk buka puasa. Ini jadi dasar jika kita juga terhitung beberapa orang yang susah untuk berpuasa.

Nach untuk menangani seorang yang susah berpuasa, sebetulnya banyak kegiatan yang dapat kita kerjakan agar puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib. Berikut 10 panduan bagaimanakah cara supaya puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib.

1. Niatkan kita situsslotonlin harus kuat.

Segala hal tentu dengan diawali niat, punya niat puasa harus bertahan sampai akhir. Niat itu berbeda lho dengan kemauan, niat ialah suatu hal yang perlu kita kerjakan dan kemauan hanya sebuah keinginan yang hendak kita kerjakan (dapat iya dan juga bisa tidak). Tidak perduli berapa besar kemauan kita untuk kuat berpuasa, tetapi bila tidak ada niat untuk meredamnya, ya sama juga berbohong.

Maka dari itu, niatkan pada diri kita agar ini hari kita harus berpuasa apa saja yang terjadi. Insya Allah kalau sudah niat, karena itu puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib.

2. Tidak boleh terlalu berlebih saat makan sahur.

Mentang-mentang tidak dapat minum dan makan saat berpuasa tidak berarti lho kamu jadi silap mata saat makan sahur, semua di makan sampe-sampe sulit napas karena terlalu kenyang. Pemahaman makin kenyang karena itu makin lama meredam lapar ialah suatu hal pemahaman yang keliru.

Kalau kita makan terlalu berlebih, badan kita akan memerlukan semakin banyak energi untuk mengolah makanan itu, perihal ini pula yang mengakibatkan kenapa kita seringkali lemas dan mengantuk.

Sebaiknya saat sahur konsumsilah seperlunya saja. Disamping itu lihat nutrisi dan gizi yang paling diperlukan badan saat kita kembali berpuasa seperti, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Imbang dan tidak boleh ada yang terlalu berlebih.

3. Turunkan kegiatan yang berat-berat.

Jujur saja, ini ni yang sering kali kita perkeluhkan. Kadang saat kita puasa, kita justru tidak memerhatikan kegiatan apa yang kita kerjakan. Padalah itu cukup berpengaruh lho kenapa biasanya kita berasa tidak kuat saat berpuasa, karena banyak beraktivitas yang berat akan cepat kuras energi kita.

Tetapi dengan demikian tidak berarti kita seakan-seakan tidak beraktivitas apa saja sepanjang hari untuk mengirit energi. Teruslah jalankan kegiatan seperti umumnya tetapi turunkan jatahnya saja.

4. Kalau sudah lemas, tidur ialah opsi terbaik.

Ada hadist yang menjelaskan Tidur orang yang berpuasa ialah beribadah. Tetapi hadist itu ialah hadist yang kurang kuat maknanya bukan langsung dari Rasulullah SAW.

Walau bagaimanapun, kita dapat manfaatkan tidur dengan niat untuk mengirit energi saat berpuasa, insya Allah puasa kita akan karunia. Tetapi bila niat tidurnya cuman ogah-ogahan hingga tidurnya dapat sepanjang hari dari pagi sampai sore, karena itu tidur semacam ini ialah tidur yang percuma.

5.Supaya puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib alihkan dengan main games kegemaran.

Pada merasa tidak saat kita main games, waktu seolah berputar-putar bisa lebih cepat? Nach dibanding kita tidak ada pekerjaan selanjutnya berpikiran yang nggak-nggak saat berpuasa, ya lebih bagus main games. Dengan bermain games, kita akan mengubah pemikiran agar kita lupa akan haus dan lapar. Dan hasilnya puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib. Tetapi seharusnya awasi waktu bermain games supaya puasanya tidak percuma.

6. Supaya puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib alihkan dengan menonton film.

Kalau misalkan kamu tidak hoby main games, kamu dapat kok ngalihkan pemikiran haus dan lapar dengan melihat film favorite. Tidak harus jauh ke bioskop, kan dapat lewat streaming youtube atau google.

Film apa yang baik buat orang yang sedang puasa? Yang terang bukan film kulineran atau beberapa film yang ada episode negatif-nya, karena bisa jadi pahala puasa kita akan habis karena hanya menonton film itu. Mending menonton film humor atau film motivasi yang menambahkan wacana.

7. Dibanding melamun tidak karuan, lebih bagus tolongi ibu nyiapin berbuka puasa.

Saat lagi tunggu berbuka puasa, kita dapat tuch tolong ibu buat nyiapin berbuka puasa. Dimulai dari ke pasar, nyiapin makanan di atas meja makan, atau nyuci piring. Menjadikan bulan ramadhan ini bulan di mana kita dapat cicipin saat-saat kebersama-samaan dengan keluarga. Kan jarang dapat ngumpul bersama-sama, sejauh ini semua repot. Orang-tua repot bekerja, kamu juga repot dengan dunia mu sendiri.

8. Memperbanyak hubungan situsslotonlin sama teman atau keluarga.

Manusia ialah makhluk sosial yang tidak dapat hidup masing-masing, semandiri apa saja seorang, tentu ada kalanya memerlukan seseorang. Nach pada bulan suci ini ialah saat yang pas untuk kita menyambung persaudaraan, sama teman atau sama keluarga.

Berbeda narasi kalau misalkan kamu kembali ada orang yang dicintai, kemungkinan berhubungan dengannya setiap waktu ialah hal yang harus kamu kerjakan, baik chattingan, video call, atau berjumpa langsung.

Kalau memang kamu ada pasangan atau kembali PDKT sama seorang, menjadikan bulan ramadhan ini untuk menambahkan rasa perduli kalian keduanya, dan yang paling penting, ini juga bisa buat puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib.

9. Ngabuburit ke beberapa tempat yang membahagiakan.

Pada bulan ramadhan tentunya kita seringkali dengar istilah ngabuburit. Arah ngabuburit itu ialah habiskan waktu untuk menanti sore. Jujur banyak kegiatan ngabuburit yang dapat kita kerjakan, tetapi umumnya ngabuburit dilaksanakan dengan jalanan ke beberapa tempat bagus yang membuat kita lupa jika kita sedang berpuasa.

Saat lagi menanti waktu buka puasa, bawalah teman atau saudara kita untuk ngabuburit sama. Tidak perlu ke beberapa tempat yang jauh, kalau misalkan di sekitar rumah kita ada lokasi yang bagus, tidak ada kelirunya kita menjadikan tempat itu untuk ngabuburit sambil menanti waktu adzan maghrib berkemandang.

10. Janganlah lupa melaksanakan ibadah.

Dan yang paling akhir sekalian yang terbaik untuk kita kerjakan supaya puasa kita jadi tidak berasa dan kuat sampai maghrib dengan perbanyak beribadah. Janji Allah SWT pada bulan suci ini yakni melipatgandakan tiap pahala.

Dibanding beraktivitas yang tidak ada faedahnya, mending kita berlomba melakukan perbuatan kebaikan pada bulan yang penuh karunia ini, misalkan shalat, zikir, ke pengajian, baca Al-quran, dan lain-lain. Bukan hanya puasa kita yang menjadi tidak berasa, kita akan raih pahala yang tidak terbatas.

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !