10 Kelebihan Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Kenali

10 Kelebihan Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Kenali

kelebihan bulan ramadhan Tahukah Anda, Allah SWT membuat bulan suci ramadhan dengan kelebihan dan kekhususan tertentu. Kelebihan bulan ramadhan sering kita acuhkan, perihal ini pula jadi argumen kenapa kita sering malas dan tidak semangat lakukan beberapa perintah pada bulan suci ramadhan, seperti berpuasa, sholat tarawih. Dan lain-lain. Walau sebenarnya jika kita ketahui kelebihan bulan puasa ramadhan, pasti kita akan berlomba untuk cari pahala pada bulan ramadhan ini. Allah Ta'ala berfirman.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

(Beberapa hari yang ditetapkan itu adalah) bulan Ramadhan, bulan yang di turunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai panduan untuk manusia dan keterangan-penjelasan berkenaan panduan itu dan pembanding (di antara yang hak dan yang batil). Karenanya, barangsiapa antara kamu yang datang (di negeri rumahnya) pada bulan itu, karena itu sebaiknya dia berpuasa di bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau diperjalanan (lalu dia berbuka), karena itu (wajiblah untuknya berpuasa), sekitar hari yang ditinggalnya itu, pada beberapa hari lainnya (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Bulan Suci Ramadhan ialah bulan yang terbaik dari 12 bulan yang ada. Bulan ramadhan ialah bulan yang paling dikangenin oleh umat agama islam, setiap bulan ramadhan tiba, pasti disongsong dengan suka ria umat agama islam, terhitung diri kamu. Dan setiap bulan ramadhan akan pergi (selesai), karena itu seringkali akan memunculkan duka cita tertentu. Tidak tahu apa argumen kita berduka, tetapi untuk melepas bulan ramadhan berasa berat untuk kita kerjakan. Karena mungkin telah terlatih berpuasa atau kita takut tidak dapat berjumpa bulan suci ramadhan pada tahun kedepan.

Lalu sebagai kaum muslim yang patuh. Apa kita wajib buat berpuasa pada bulan suci ramadhan? Allah SWT berfirman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai beberapa orang yang memiliki iman, diharuskan atas kamu berpuasa seperti diharuskan atas beberapa orang saat sebelum kalian supaya kamu bertakwa (QS. Al Baqarah: 183)

Nach berikut kita akan kupas makna mengenai kelebihan-keutamaan bulan ramadhan yang harus kita kenali.

1. Bulan di turunkannya Al-Qur'an

Bulan ramadhan ialah bulan di mana Al-Qur'an pertama kalinya di turunkan. Allah SWT berfirman.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan, bulan yang di turunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai panduan untuk manusia dan keterangan-penjelasan berkenaan panduan itu dan pembanding (di antara yang haq dan yang bathil)… (al-Baqarah/2: 185)

Al-Qur'an di turunkan sebagai pengetahuan dan pengetahuan, sebagai petunjuk jalan (kehidupan) sekalian sebagai etika untuk bertumpu. Allah Ta'ala berfirman.

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Tersebut Kitab yang tidak ada kebimbangan didalamnya, sebagai panduan untuk beberapa orang yang bertakwa. (al-Baqarah/2: 2)

2. Puasa ialah Perisai dan Perlindungan

Rasulullah SAW pernah memerintah seorang yang besar gairah syawat-nya tetapi belum sanggup untuk menikah untuk berpuasa. Beliau bersabda.

Wahai sekaligus beberapa pemuda, barangsiapa antara kamu sudah sanggup baa'ah (sanggup menikah dengan beragam jenis penyiapannya) sebaiknya menikah, karena menikah lebih tundukkan penglihatan serta lebih jaga kehormatan. Barangsiapa yang belum sanggup menikah, sebaiknya berpuasa karena puasa sebagai pelemah syahwat untuknya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadist di atas kita dapat ambil ringkasan jika puasa ialah perlindungan diri dari tindakan-tindakan yang negatif. Puasa membuat kita lebih sabar dan dapat mengontrol nafsu diri kita.

Tidak cuma untuk perlindungan di dunia, puasa akan jadi perisai kita dari api neraka pada hari kiamat nantinya. Rasulullah SAW bersabda.

Puasa ialah perisai, seorang hamba berperisai dengannya dari api neraka. (HR. Ahmad, shahih)

3. Bulan pengampunan dosa dan diwujudkannya doa-doa

Bila kamu mengatahuinya, bulan ramadhan ialah saat yang pas untuk kita minta ampun ke Allah SWT atas semua dosa-dosa yang sempat kita kerjakan di periode kemarin. Nabi Muhammad SAW bersabda.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan berharap pahala dari Allah karena itu dosanya di periode lalu akan diampuni. (HR. Bukhari No. 38 dan Muslim no. 760)

Bisa kita saksikan juga pada ibadah shalat tarawih. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa lakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan cari pahala, karena itu dosa-dosanya yang sudah lalu akan diampuni. (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Selainnya bulan pemberi ampun dosa, bulan suci ramadhan ialah bulan di mana diwujudkannya tiap doa-doa.

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

3 orang yang do'anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai dia buka, pimpinan yang adil, dan do'a orang yang dizalimi. (HR. Ahmad).

4. Bulan yang tedapat malam Lailatur Qadar

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ, malam ketentuan) ialah satu malam penting yang terjadi di bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an dilukiskan sebagai malam yang lebih bagus dari seribu bulan. Dan diperingati sebagai malam di turunkannya Al Qur'an. Allah Ta'ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ(١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥

Maknanya: Sebenarnya Kami sudah menurunkannya (Al Quran) saat malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih bagus dari seribu bulan. Saat malam tersebut turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk atur semua masalah. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai keluar fajar. (QS. Al Qadr: 1-5).

5. Dilipat gandakannya Pahala

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Tiap ibadah kebaikan yang sudah dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang seumpama sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), Terkecuali ibadah puasa. Ibadah puasa itu ialah untuk-Ku. Saya sendiri yang hendak membalas. Karena ia sudah tinggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Untuk orang yang berpuasa akan memperoleh dua kebahagiaan yakni kebahagiaan saat ia buka dan kebahagiaan saat bertemu dengan Rabbnya. Benar-benar berbau mulut orang yang berpuasa lebih wangi disebelah Allah dibanding berbau minyak kasturi. (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

6. Bulan dibukanya Pintu Surga dan ditutupnya Pintu Neraka

Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ ، وَفُتِحَتْ أَبُوَابُ الجَّنَةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ

Maknanya, Saat masuk bulan Ramadlan karena itu syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup, (HR. Bukhari no. 1899 dan Muslim no. 1079).

7. Setan-setan dibelenggu pada bulan Ramadhan

Di bulan ramadhan ini ialah bulan di mana setan-setan dibelenggu. Tetapi banyak yang tidak sepaham dari kata belenggu. Karena jika misalkan setan betul-betul dikurung di bulan ramadhan, tetapi mengapa masih tetap ada yang melakukan perbuatan maksiat dan melakukan perbuatan beberapa hal yang negatif?

Pada hakekatnya kata belenggu di sini cuma terhalangi untuk lakukan beberapa tindakan yang tidak sanggup ia kerjakan terkecuali pada keadaan bebas. Orang yang dibelenggu, ia cuma terlilit dari leher sampai tangan. Ia bisa berbicara, membisikkan gagasan maksiat, atau banyak masalah yang lain. Wallahu A'lam.

8. Puasa dan Al Qur'an akan Memberi Syafa'at (Bantuan) ke Pakarnya

Kelebihan bulan Ramadan banyak, salah satunya Allah siapkan untuk beberapa orang puasa pintu Ar-Rayyan. Nama ini yang ada pada hadits muttafq alaihi dari hadits Sahl radhiallahu anhu dari Nabi sallallahu'alaihi wa sallam, beliau bersabda:

Sebenarnya di surga ada pintu yang diberi nama Ar-Rayyan. Beberapa orang yang berpuasa pada hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak diperbolehkan seorang juga memasukinya selainnya meraka. Lantas disebutkan, ‘Dimana beberapa orang yang berpuasa?' Mereka juga bangun, tidak ada seorang juga yang masuk terkecuali pada mereka. Saat mereka sudah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang juga masuk kembali. (HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947)

9. Puasa Sebagai Kafarat (Pelunasan atas kekeliruan)

Antara kelebihan puasa ialah Allah SWT jadikan puasa sebagai kafarat atau pelunasan atas kekeliruan yang kita lakukan. Nyaris tiap kafarat mempunyai pilihan berpuasa untuk bayar kekeliruan-kesalahannya. Berikut beberapa macam kafarat.

- Kafarat Karena Pembunuhan

- Kafarat Karena Menyalahi Sumpah

- Kafarat Karena Membunuh Binatang Buruan Pada Waktu Ihram

- Kafarat Karena Dzihar

- Kafarat Ila'

- Kafarat Karena Lakukan Jalinan Suami Istri Disiang Hari Bulan Ramadhan.

10. Belajar menahan diri agar semakin bertaqwa

Puasa, terutamanya di Bulan Ramadhan, mengajari bagaimana sabar dalam meredam makan, minum, dan nafsu. Kesabaran tersebut yang membimbing pada kenaikan ketakwaan dan penghambaan diri ke Allah dan melepaskan kita dari beberapa penyakit hati yang dapat turunkan ketakwaan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Maknanya: Hai beberapa orang yang memiliki iman diharuskan atas kamu berpuasa seperti sudah diharuskan atas beberapa orang yang saat sebelum kamu supaya kamu bertaqwa (QS. al Baqarah: 183).

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !