7 Tipe Cinta dan Babak yang Umumnya Dirasa Seorang, Apa Kamu Merasainya?

7 Tipe Cinta dan Babak yang Umumnya Dirasa Seorang, Apa Kamu Merasainya?

Cinta mempunyai pengertian yang paling luas dan kompleks. Karena sangat luasnya kita bahkan juga kesusahan mendeskripsikan secara eksklusif apakah itu cinta. Apa cinta ialah saat kita menyenangi seorang tanpa batasan? Menyukai semua keunggulan dan kekurangannya? Atau mungkin saat kita berasa perlu, nyaman, lalu takut kehilangannya?

Atau bahkan juga saat kita cukup hanya dengan menyaksikan dan menentukannya baik saja bisa disimpulkan sebagai cinta? Entahlah, tetapi sampai sekarang ini hati cinta sanggup menghidupkan nafsu yang terkadang tak terbatas.

Sebagian orang bahkan juga pakar mempunyai teori dan makna sendiri berkenaan cinta. Apa lagi kita yang cuma orang pemula, cuma rasakan wujud cinta tanpa memahami makna sebetulnya apa.

Tetapi bukan kewajiban kota harus ketahui apakah itu cinta. Rasakan cinta saja rasanya telah lebih dari cukup. Tetapi tahu tidak sich, rupanya wujud cinta yang kita alami mempunyai macamnya sendiri.

Psikiater asal dari Amerika namanya Robert Stenberg dengan teorinya membagikan cinta jadi 7 tipe. Teori cinta yang dicetuskan oleh psikiater ini mempunyai tiga wujud khusus yakni hubungan emosional (emotional intimacy), nafsu (passion), dan loyalitas (commitment).

Untuk memperjelasnya, berikut penulis uraikan pembagian kelompok atau tipe dari ke-3 wujud itu:

1. Cinta monyet (spirit)

Tipe cinta monyet atau dikenal juga dengan babak infatuation ini tipe cinta yang lebih ke nafsu semata-mata. Tipe cinta ini masihlah jauh dari keintiman dan loyalitas.

Umumnya dua sejoli yang rasakan tipe ini mempunyai minat dengan nafsu yang menggelora tetapi tidak berpikiran untuk ke tingkatan yang lebih jauh. Umumnya dirasa oleh 2 orang yang tidak demikian sama-sama mengenal tetapi sama-sama tertarik keduanya.

Mereka belum mendapati kesesuaian keduanya. Walau pada awal mereka janji untuk selalu bersama, tetapi umumnya hal tersebut muncul karena nafsu pada awal semata-mata.

Babak ini biasa dirasa saat beberapa saat pertama jatuh hati. Putus menyambung atau bergonta-ganti pasangan jadi hal umum dalam babak ini, karena seperti disebut barusan, belum ada loyalitas untuk ke tingkatan yang lebih serius.

Menurut psikiater, tipe cinta yang semacam ini ada peluang untuk berkembang jadi lebih dalam seiring waktu berjalan. Tetapi kemungkinan memerlukan proses putus dahulu saat sebelum sama-sama mendapati kembali. Kasusnya juga jarang-jarang sekali terjadi.

2. Friendzone atau persahabatan (intimacy)

Tipe cinta yang ke-2 ini sepertinya sering kali dirasa ya, yok cung dahulu yang sempat terjerat di babak ini! hehehe.

Babak ini lebih ke keintiman dalam persahabatan berlainan musuh tipe. Nafsu di sini tidak begitu mencolok, karena sangat dekat dan dekatnya dengan temannya sendiri sampai sulit membandingkan di antara rasa cinta atau rasa sayang cuma hanya rekan. Nach lho! Memusingkan ya, tetapi tersebut realitanya.

Rasakan hati hangat, nyaman, dan rasa sama-sama memerlukan dengan rekan sendiri. Lantas saat ia pergi baru rasakan kehilangan dan mendadak tersadarkan sejauh ini hati sayang rupanya ialah benih-benih cinta.

Bila sekarang ini kamu lagi ada pada babak ini, tidak perlu cemas dengan jalinan yang kamu lalui. Mempunyai penglihatan hidup yang serupa dan sefrekuensi memang menjadi argumen kalian jalani jalinan persahabatan.

Berusaha untuk meneruskannya jadi sebuah loyalitas yang serius ya tidak salah sich. Tetapi kamu harus pikir-pikir dahulu ya, jangan-jangan hanya kamu sendiri yang rasakan hati itu, dan ia tidak. Friendzone memang babak yang memusingkan, lalui saja dahulu, ok?!

3. Romantic love atau rekan tetapi mesra (spirit + intimacy)

Tidak punyai jalinan apapun, tetapi sama-sama isi seperti pasangan dengan jalinan yang serius. Duh, bagaimana tuch tujuannya? Seringkali dikatakan sebagai rekan tetapi mesra, atau hanya hanya mengenal tetapi mempunyai hubungan seperti dua sejoli yang dengan status berpasangan. Aduh aduh waduuhh, ini sering kali terjadi pada muda-mudi zaman sekarang ini. Sama nyaman, sama-sama sudah sukai, tetapi tidak ingin memiliki komitmen serius.

Loyalitas jadi hal yang sangat jarang pada tipe cinta ini, karena nafsu dan hubungan telah kuasai. Pasangan dalam cinta tipe ini jarang-jarang sekali yang sampai ke status pernikahan, karena untuk mereka loyalitas tidak penting, asal dapat sama-sama mempunyai keduanya.

4. Empty love atau cinta yang hampa (commitment)

Pasangan yang jalani type cinta semacam ini umumnya dilandasi oleh loyalitas tanpa nafsu atau minat keduanya. Hingga disebutkan ialah tipe cinta yang hampa karena pasangan semacam ini jalani kehidupan yang umum dikenali dengan panggilan jalinan tanpa cinta.

Cuma ikatan loyalitas yang menjadikan satu mereka. Beberapa pasangan semacam ini umumnya turut serta karena ikatan perjodohan atau pemaksaan dari samping faksi.

Walau demikian, menurut psikiater jalinan cinta semacam ini bisa jadi berevolusi ke arah cinta yang prima bila pasangan ini dapat mendapati nafsu dan hubungan.

Karena itu seiring waktu berjalan, pasangan yang jalani babak cinta ini sebaiknya lakukan sedikit usaha dengan memperlihatkan perhatian atau usaha buka hati untuk dapat capai nafsu. Kebalikannya, bila sama menarik diri karena itu makin lama akan capai akhir yang percuma.

5. Fatuos love atau cinta lugas (spirit + commitment)

Babak ini diikuti dengan saat pasangan ini mempunyai hati sukai keduanya, siap untuk memiliki komitmen dan jalani sampai ke tingkatan pernikahan. Tetapi, mereka belum juga rasakan hubungan emosional dalam jalinan. Walau mereka sama sukai dan punyai arah untuk bawa jalinan, tetapi tetap rasakan ada yang kurang.

Menurut pikolog, pasangan ini punyai kekuatan besar untuk mempunyai jalinan yang tahan lama. Walau untuk kandungan kegembiraannya bergantung dari pribadi yang jalani jalinan tersebut.

Kebalikannya, bila pasangan ini tidak berhasil merajut hubungan rumah tangga mereka kemungkinan akan penuh sinetron dan prahara. Seharusnya masih tetap rawat rasa sukai supaya selekasnya mendapati nafsu ya!

6. Companionate atau cinta pertemanan (intimacy + commitment)

ini dapat disebut sebagai lanjutan dari perangkap friendzone. Bila kamu dapat lepas dan teman dekatmu mempunyai hati yang serupa dan ingin memiliki komitmen untuk jalani kehidupan dengan status baru yang lebih dari hanya teman dekat, jalinan kalian dapat capai tahapan ini. Sebagai sepasang teman dekat yang meneruskan ke tahapan lebih serius, kalian mempunyai hubungan yang lebih dari sekadar pasangan biasa.

7. Consummate love atau cinta prima (spirit + intimacy + commitment)

Siapa sich yang tidak mau cinta yang prima? Sama dengan namanya, babak ini sebaiknya mempunyai tiga elemen dalam cinta yakni nafsu, hubungan emosional dan loyalitas.

Walau kandungannya berbeda rata, tetapi ke-3 elemen itu harus ada pada jalinan. Babak ini sebagai babak paling tinggi dalam jalinan. Sepanjang kalian ingin usaha membuat tiga elemen itu, karena itu kalian dapat capai consummate love.

Nach, ada pada babak mana jalinan kalian sekarang ini?

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !